Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Siswa SMK PGRI Kabupaten Kepulauan Aru

Anggrek Kamsy, Herry R Lekatompessy, Hellen Pattiruhu

Abstract


Abstrack: This research is directed to find the factors that cause the rise of online games among students, especially at the high school level, and its impact on their attitudes and behavior both at school and at home. The data collection process used a descriptive qualitative method with a purposive sampling technique to determine informants. Through observation, interviews, and documentation techniques, data and information in the field were processed, analyzed, interpreted, and then concluded for 30 students, involving guidance, counseling, homeroom teachers, and school principals at SMK PGRI Dobo, Aru Islands Regency. Based on the results of the study, it was found that online games had a psychological impact on students so that it influenced their attitudes and behavior in communicating, acting, socializing, and in the learning process in class. There are efforts made by the school in overcoming the impact of online games on student behavior through providing guidance, advice, sanctions, and establishing good coordination with parents. Collaboration and coaching collaboration between schools and parents is a model that is considered capable of solving problems faced by students both now and in the future.

 

Keywords: Impact of Addiction, 


References


Agus Hermawan, Hiburan Dunia Maya, (Bandung: Pustaka setia, 2009).

Al-munajjid Shalih Muhammad, Bahaya Game (Solo: Aqwam Media Profetika, 2016) Djaali, Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008)

Elul (dalam Miarso,2007) yang dikutip dari www.DosenIT.com

Haris Herdiansyah 2011 Metode Penelitian kualitatif untuk ilmu sosial, Jakarta : Salema Humanika

Hendri Samuel Cerdas dengan game, Jakarta: Gramedia Pustaka utama,2010. http Dosenpendidikan.co.id

https://Wulansari02.wordpress.com/2015/04/16/dampak-game-onlineterhadap-perkembangan- psikologis-anak/Akses, 26Februari2019 yang dikutip dari Yulia Lestari 2019

Johonathan Lukas 2006:2 Pengertian Tekonologi yang dikutip Dalam Salim Agung, Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar (Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, 2016).

Kimberly S. Young, Kecanduan Internet,Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2017).

Luhur Wicaksono 2013 Skripsi Meningkatkan pemahaman siswa tentang cara membuat keputusan karir melalui layanan informasi karir pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bumi Ayu Tahun Ajaran 2012/2013.

Otto Sowmarwoto.1998 Budaya Daerah dan Lingkungan hidup.Depdikbud Jakarta. Pelayananpublik.id 2020

Pengertian Smartphone Menurut Kurniawan Rohman 2017 yang dikutip pada Fatkhan.web.id. Pengertian Teknologi menurut KBBI yang dikutip dari www. DosenIT.com.

Radarjogja.jawapos.com 2020

Rahmat Game bagi anak akses pada 2020 diambil dari http/Rahmat-piskolog- mengena- game – bagi- anak-anak.com.

Salim Agung, Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar (Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, 2016)

SMK PGRI Kabupaten Kepulauan Aru 2020

Santoso Raka Muhammad, Game Online Sejarah dan Nama Game Online Pertama (Jurnal Artikel: Fakultas Life Science, Universitas Surya Serpong, 2014).

Shofiah 2016 yang dikuip dari Fatkhan.web.id.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2018).

Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta, 2015. Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016. Suharno dan Retnoningsih KBBI, Semarang: Widya Karya,hal.243.

Widia dkk, Faktor Internal dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Padang Tahun 2016/2017 (Jurnal: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Volume.5, No.1, 2017).

Wiharsono Kurniawan, 2007:20 yang dikutip dari : Salim Agung, Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar (Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, 2016).

www.Ligagames.com dikutip dari Yulia Lestari Skripsi : Dampak Game Online Terhadap Prilaku Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Kota Jambi 2019.

Yuli Lestari 2019 Skripsi : Dampat game online terhadap perilaku siswa di Madrasah Tsanawiyah Negri (MTsN) 4 Kota.




DOI: https://doi.org/10.51689/it.v7i1.410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Fakultas Ilmu Pendidian Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Ambon
Jl. Galala Atas, Halong, Kec. Baguala, Kota Ambon, Maluku
Tel: (021) 82744698. Email: [email protected]
Kontak Person/Whatsapp : +62 852-4300-8209

P-ISSN 2339-0573
E-ISSN 2723-1917