PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DI MASA PANDEMIK COVID 19

Sesye Alfons, Sjeny L Souisa, Ferdinand Maatuku

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui cara guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti  (PAK dan BP) SMP Negeri 11 Ambon merencanakan pembelajaran di masa Pandemik Covid 19 . Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan sistem pembelajaran yang dialihkan dari proses pembelajaran tatap muka  ke proses pembelajaran daring dan luring di tengah pandemic Covid-19 dan guru dituntut melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 11 Ambon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan  bahwa guru PAK dan BP dapat merencanakan pembelajaran dengan menyusun program tahunan, silabus dan RPP dengan baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran daring dan luring merupakan kebijakan penyelenggara pendidikan dan berada dalam tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota. Kewenangan ini diserahkan kepada setiap satuan pendidikan yang berada di kota maupun kecamatan untuk menyusun model pembelajaran di masa pandemic covid-19 sesuai ketentuan kurikulum yang di gunakan yaitu kurikulum kondisi Khusus.

References


Abdul Majid. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandungan: Rosdakarya.

Bafadhal. 2004. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Liku, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Analisis Kemampuan Guru dalam Perencanaan Pembelajaran PPKn Pada Tatap Muka Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 2 Rantepao,. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2),. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/3273

Mulyasa,. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa,. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ratumanan T.Gerson dan Imas Rosmiati, 2014, Perencanaan Pembelajaran, 2014, Unesa University Press

Rino, 2017, Kurikulum: Perencanaan, Evaluasi, Inovasi dan Riset, Bandung, Alfabeta.

Suprihatiningsih Jamil, 2016, Strategi Pembelajaran; Teori dan Aplikasi, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media

Usman, Moh Uzer, 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Wawan S. Suherman. 2001. Pengembangan Kurrikulum Pendidikan Jasmani Yogyakarta :FIK UNY




DOI: https://doi.org/10.51689/it.v7i2.414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Fakultas Ilmu Pendidian Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Ambon
Jl. Galala Atas, Halong, Kec. Baguala, Kota Ambon, Maluku
Tel: (021) 82744698. Email: [email protected]
Kontak Person/Whatsapp : +62 852-4300-8209

P-ISSN 2339-0573
E-ISSN 2723-1917