MENGHIDUPI CIPTAAN ALLAH Tanggung Jawab Manusia atas Ciptaan Allah Berdasarkan Mazmur 8

JOSEF HEHANUSSA

Abstract


Mazmur 8 lebih sering digambarkan sebagai doa syukur pemazmur kepada Tuhan yang telah membuat manusia menjadi ciptaan yang bermartabat karena dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat serta diberi kuasa atas buatan tangan Allah. Mazmur ini tidak secara langsung bersinggungan dengan pertanggungjawaban manusia terhadap ciptaan Allah lainnya. Namun penyebutan kuasa dalam mazmur ini menimbulkan pertanyaan soal dominasi manusia atas ciptaan yang lain. Bahkan frase: Diletakkan di bawah kakinya†juga bisa memberi kesan bahwa manusia memiliki level yang lebih tinggi dari ciptaan yang lain. Melalui refleksi ini akan dikaji arti kuasa yang dimiliki manusia dalam hubungannya dengan relasi manusia dengan Tuhan dan juga dengan sesama, terutama berkaitan dengan tanggung jawab manusia kepada ciptaan yang lain. Memaknai kembali arti kuasa dan mahkota ini diharapkan dapat menolong gereja dan orang Kristen untuk lebih peduli lagi dengan persoalan-persoalan yang terjadi di sekitarnya terutama yang berhubungan dengan alam dan lingkungan.


Keywords


Mazmur, Kejadian, kuasa, penciptaan, alam, gereja, pemanasan global, efek rumah kaca.

Full Text:

PDF PDF

References


ArtikelLingkunganHidup.Com. "Cara Mengurangi Pemanasan Global." Diakses terakhir 1 Februari 2014. http://www.artikellingkunganhidup.com/cara-mengurangi-pemanasan-global.html.

Athanasius Schaefer. 2013. “The Letter Of Athanasius, Our Holy Father, Archbishop Of Alexandria, To Marcellinus On The Interpretation Of The Psalms.†Diakses terakhir 29 Januari 2014. http://www.athanasius.com/psalms/aletterm.htm.

Barth, Marie Claire dan B. A. Pareira. 2009. Kitab Mazmur 1-72. Pembimbing dan Tafsirannya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Beirne, Margaret. "St Athanasius and the Scriptures, Exemplified in His Letter to Marcellinus." Phronema. Vol. 28 Issue 2 (2013): 89-106.

Botterweck, G. Johannes, Helmer Ringgren dan Heinz-Josef Fabry (ed.). 2004. Theological Dictionary of the Old Testament. Volume 13 u.k, "regel". Grand Rapids, Michigan: Wm. B. Eerdmans Publishing Co.

Carley, Keith. 2000. "Psalm 8: An Apology for Domination," dalam Readings from the Perspective of Earth, diedit oleh Norman C. Habel, Sheffield: Sheffield Academic Press.

Casper, Julie Kerr. 2010. Greenhouse Gases. Worldwide Impacts. New York:Facts On File, Inc.

Coetzee, Johan H. 2008. "Yet Thou Hast Made Him Little Less than God": Reading Psalm 8 from a Bodily Perspective." dalam My Words are Lovely. Studies in the Rhetoric of the Psalms, diedit oleh Robert L. Foster dan David M. Howard Jr., 91-106. New York & London: T & T Clark International.

deClaissé-Walford, Nancy, Rolf A. 2014. Jacobson dan Beth LaNeel Tanner. The Book of Psalms, Grand Rapids. Michigan: Wm. B. Eerdmans Publishing Co.

Gerstenberger, Erhard. 1988. Psalms. Part 1: with an Introduction to Cultic Poetry. Grand Rapids, Michigan.

Mays, James Luther. 2009. Psalms. Lousville, Kentucky: Westminster John Knox Press.

McCann, J. Clinton Jr. 2009. Great Psalms of the Bible, Louisville. Kentucky: Westminster John Knox Press.

McNamara, Martin. 2000. The Psalms in the Early Irish Church. Sheffield: Sheffield Academic Press.

Theodore of Mopsuestia. 2006. Commentary on Psalms 1-81. diterjemahkan oleh Robert C. Hill. Atlanta: Society of Biblical Literature.

Muhajir, Mumu dan Myrna A. Safitri. 2010. "REDD di Indonesia, kebijakan pemerintah dan kerentanan masyarakat: Sebuah pengantar." Dalam REDD di Indonesia: Ke mana akan melangkah, diedit oleh Mumu Muhajir, 1-21. Jakarta: HuMA-Jakarta.

Pak, G. Sujin. "Luther, Bucer, And Calvin On Psalms 8 And 16: Confessional Formation And The Question Of Jewish Execesis." Dutch Review of Church History / Nederlands Archief voor Kerkgeschiedenis. Vol. 85 Issue 1 (2005).

van Asselt, Willem J. ""Quid est homo quod memor es ipsius?" Calvin and Cocceius (1603-1669) on Psalm 8." Church History & Religious Culture. Vol. 91 Issue 1/2 (Apr2011).

Waltke, Bruce K. 2010. James M. Houston and Erika Moore, The Psalms as Christian Worship. A Historical Commentary. Grand Rapids, MI: Eerdmans.




DOI: https://doi.org/10.37196/kenosis.v3i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kenosis Telah Terdaftar Pada Situs:

   Psikostudia : Jurnal Psikologi Indexing by :



This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © Kenosis: Jurnal Kajian Teologi 2015-2022. All Rights Reserved.