PERAN DOSEN MENUNTASKAN KEBIASAAN COPY PASTE MAHASISWA DALAM MEMBUAT TUGAS KULIAH

sumiaty Hutabarat

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebiasaan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas dari hasil penelitian copy paste atau copas yang disebut plagiat. Dalam hal ini dosen berperan untuk menuntaskan kebiasaan copy paste dalam mebuat tugas membangun  integritas yang tinggi dan tidak terpengaruh atas bujuk dan rayu mahasiswa. Karena dosen barisan depan dalam dunia pendidikan. Apabila karakter dosen tidak tegas, disiplin, teliti dan kritis maka mahasiswa akan lebih berhati-hati dalam mengerjakan tugasnya.

Kata kunci; Peran dosen, kebiasaan, Copas, Mahasiswa

 

Abstract

This study uses qualitative methods with interview and documentation data collection techniques. This study aims to find out how students' habits in completing assignments from the research results of copy paste or copy and paste called plagiarism. In this case the lecturer has a role to complete the copy paste habit in making the task of building high integrity and not being influenced by the persuasion and persuasion of students. Because the front row lecturers in the world of education. If the character of the lecturer is not firm, disciplined, thorough and critical, students will be more careful in doing their assignments.

Keywords; The role of lecturers, habits, Copas, Students


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Agus. Dkk. “Ketidakjujuran Akademik dalam Pendidikan Tinggiâ€, (01 Juli 2018).

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Renaja Rosdakarya, 2007

Prayitno dan Erman Amti,. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Purbo, O.W Teknologi Warung Internet:, Jakarta PT Elex Media Komputindo, 1999

Wiguna, I Made Arsa. “Metode Resitasi Berbasis TIK sebagai Upaya Penguatan Karakter

Mahasiswaâ€, Cetta : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1, No. 2, (1 juni 2018).

Menteri Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan Dan Penangulangan Plagiat Di Perguruan Tinggi (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2010).

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200220133522-1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.