PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI

Melati Prilita Renwarin

Abstract


Abstrak

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti melalui penggunaan video animasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas VSD Negeri 4 Halong yang jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa kemampuan kognitif yang dicapai oleh siswa secara klasikal sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan yang ditetapkan yakni 75% dari siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas hanya 4 orang (23.56%) dari 17 siswa sedangkan pada siklus II kemampuan kognitif lebih meningkat dibandingkan siklus I yaitu mencapai ketuntasan ada 17 orang (100%) dari 17 siswa. Sehingga dapat disimpukan bahwa penggunaan video animasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti.

 

Kata Kunci: Video Animasi, Kemampuan Kognitif, Pendidikan Agama Kristen.

 

Abstract

This study aims to determine the increase in student cognitive abilities in Christian religious education and moral through the use of animated videos. The type of research used is classroom action research (CAR) using the Kurt Lewin model which consists of planning, implementation, observation and reflection. The subjects in this study were 17 students of class V SD Negeri 4 Halong. Research data collection techniques use observation and tests. Based on research conducted through cycle I and cycle II, it shows that the cognitive abilities achieved by students classically are in accordance with the set criteria of completeness, namely 75% of students. In cycle I, only 4 students (23.56%) of 17 students completed, while in cycle II their cognitive abilities increased more than cycle I, namely achieving completeness, there were 17 students (100%) of 17 students. So it can be concluded that the use of animated videos can improve student cognitive abilities in Christian religious education and moral.

 

 Keywords: Animation Videos, Cognitive Ability, Christian Religious Education & Moral

Full Text:

PDF

References


Juanda. 2016. “Penggunaan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca.”

Kristin Arlita Larasati. 2017. “Peranan Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Perilaku Kristiani Peserta Didik Smpn 1 Cluwak Jawa Tengah.” http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/130%0Ahttp://repo.sttsetia.ac.id/130/1/Kristin Arlita Larasati fixxk OKKK.pdf.

Marthen Sahertian. 2019. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Sudut Pandang John Dewey.” Jurnal Teruna Bhakti 1(2): 108.

Nunun Gudyasari. 2022. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL.” Skripsi (1703016032).

Rinaldus Tanduklangi. 2020. “Analisis Teologis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Matius 28:19-20,.” PEADA-Jurnal Pendidikan Kristen 1, No.1(1): 47–58. http://peada.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsdatapeada/article/view/14.

Rosita, Heidy Ayu, Lukita Nurul Hidayah, Aisyah Agus Safitri, and Hernik Farisia. 2021. “Media Video Animasi Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Siswa Ra Sunan Ampel Pasuruan.” Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 4(2): 143–53.

Sartini, Emi. 2016. “Strategi Pembelajaran Pada Bidang Pengembangan Kognitif Dengan Menggunakan Benda.” : 28.

Undang-undang nomor 20. 2020. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” 4: 147–73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.