TOHO WAE (STUDI PERSEPSI PAK DI DESA FAKAL)

lorensia soaputty, lita lesnussa, Listra Hukunala, juni wando purba

Abstract


Penulisan Skripsi ini ibertujuan untuk imengetahui bagaimana Toho Wae Studi persepsi masyarakat Fakal, bangsa Indonesia merupakan isalah isatu bangsa yang besar yang memiliki banyak budaya, adat dan tradisi didalam Masyarakat budaya Yang berbeda-beda disebabkan karna penduduknya terdiri dari berbagai suku bangsa yang tersebar di iseluru penjuru tanah air, dari sabang sampai iMerauke. Karena terbesar tulah, maka setiap daera terdapat budaya dan adat stiadat yang merupakan hasil karya dan ciptaan Masyarakat. 

            Penelitian ini imenggunakan pendekatan Kualitatif dengan lokasi penelitiani Desai Fakal. Teknik pengumpulan idata iyang digunakan adalah Observasi,Wawancara,dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini imenunjukan bahwah.

Ritus adalah suatu sistem atau rangkaian tindakan yang ditata oleh adat atau hukum yang berlaku idalam masyarakat yang berhubungan dengan berbagai macam peristiwa yang biasanya terjadi dalam masyarakat yang bersangkutan. Menurut Bustanuddin ritus berhubungan idengan kekuatan supranatural dan kesakralan sesuatu. Kerena itu istilah ritus atau ritual dipahami sebagai upacara keagamaan yang berbeda sama sekali idengan yang natural, profan dan aktivitas ekonomis, rasional sehari-hari Nilai 

Nilai adalah keyakinan yang membuat seseorang bertindak atas dasar pilihannya. Definisi ini dilandasi oleh pendekatan psikologis, karena iitu tindakan dan perbuatannya seperti keputusan benar-salah, baik-buruk,indah-tidak ndah, adalah hasil proses psikologis.  Menurut iSteeman (dalam disusilo) nilai adalah sesuatu iyang imemberi makna dalam hidup,yang memberi acuan, titik itolak dan itujuan ihidup.

 PAK adalah pendidikan yang melibatkan warga jemaat untuk belajar teratur dan tertib agar isemakin menyadari dosa mereka serta bersukacita dalam firman Yesus Kristus yang memerdekakan  E.G. Homrighausen mengatakan: “Pendidikan Agama Kristen iberpangkal pada persekutuan umat Tuhan. Dalam perjanjian lama pada hakekatnya dasar-dasar terdapat pada sejarah suci purbakala,bahwa Pendidikan Agama Kristen itu mulai sejak terpanggilnya Abraham menjadi inenek moyang umat pilihan Tuhan, bahkan bertumpu pada Allah sendiri ikarena Allah imenjadi peserta didik bagi iumat-Nya.

Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa dalam penelitian ini perluh dilakukan Toho Wae bagi masyarakat desa sebagai suatu adat yang sudah diturunkan oleh nenek moyang atau para leluhur kepada msayarakt khusunya desa fakal yang perluh dijalangkan sebagai suatu tradisi sejak turun temurun di desa fakal,.terus dilakukan agar tidak hilang.

            Saran, diharapkan bagi toko Aagama,toko adat,toko masyarakat agar tetap menjalangkan tradisi Toho Wae sehingga itradisi Toho Wae Tetap dikembangkan.

Kata Kunci : Toho Wae persepsi Pak Masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud).Bustanuddin, 2006: i97)

E.G.Homrighausen, iPendidikan iAgama Kristen,(Jakarta: BPK iGunung Mulia, 1998), Hal. l12aulus Lilik iKristanto, Prinsip dan Praktek PAK Penuntun bagi Mahasiswa Teologi idan iPAK, Pelayan Gereja,Guru Agama dan keluarga iKristen, i(Yogyakarta i: iAndi iOffseti), Hal. i4

https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=Ritus

Lizanty Jelita Soulissa, 2016. Tugas Akhir Dengan Judul Pengalaman Psikologis iRemaja iPutri Suku iBangsa Buru iSelatan Dalam iMengikuti Budaya Sunat Anavina Di Kabupaten Buru Selatan Desa Mageswaen. Program Studi Psikologi.Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Max Gluckman, Les iRites De Passage, dalam C.D.Forde, et al.,Essays On the Ritual of iSocial iRelations i(Oxford Road: iOxford iUniversity Press, 1991), bid, i7. Sondang iP. iSiagian,1998 ihlm7 Indrajaya i (2007 hlm10) i

Ode iAkmal, 2021, Skrisipsi Mahasiswa Program Studi iSosiologi Agama Fakultas

Peter L.Berger,The SocialiReality of Religion, Nonvich; Penguin iBooks 1973, iHlm i53

Rafael iRaga. i2010. Kebudayaan Dalam Perspektif Ilmu iBudaya Dasar. penerbit Aneka i: Jakart

R.A iJaaffray, i2007. Tafsiran Surat iRoma, iKalam ihidup, iBandung

Saifulddin iAzwar, i2005. Metode iPenelitian, icet, iIV, iPustaka iPelajar, Yogyoakarta.

Suharsini iArikunto. i1996. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Prakter; Rineks iCipta

Talapessy dan S.Tauran, Amalohi pandang suatu dan budaya,Ambon 2013,hal4

Talapessy dan sS.Tauran, i2013. iAmalohi ipandang isuatu idan ibudaya, Ambon

Ushuluddin Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Ambon 2021 Robins, i2010 ihalmn i12 arlito WirawanS Sarwono, 2014. ihlm 89

Winarno Surachmat,2010. iPengantar Penelitian ilmiah dasar, imetode dan iteknik i(bandung Tarsindo

JURNAL

Lizanty Jelita Soulissa, 2016. iTugas Akhir Dengan Judul Pengalaman Psikologis iRemaja iPutri iSuku iBangsa Buru Selatan Dalam Mengikuti Budaya iSunat iAnavina Di Kabupaten Buru Selatan Desa iMageswaen. Program iStudi iPsikologi. Fakultas Psikologi Universitas iKristen iSatya Wacana iSalatiga.

https://penelitianilmiah.com/verifikasidata/#:~:text=Berbagai%20jenis%20metode%20verifikasi%20data%20dalam%20penelitian%20yang,data%20penelitian%20agar%20bisa%20dijadikan%20pedoman%20dalam%20analisisnya

SKRIPSI

Ode Akmal, i2021, Skrisipsi Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin iDan iDakwah iInstitut Agama Islam iNegeri (Iain) Ambon i2021

Skripsi Yandri S. i2017 Program Studi Sejarah Universtas Pattimura Ambon.

ARTIKEL

Yansen Lehalima dan Ignasius Refo MA 2018, Sunat Sebagai Sebuah Ritus Inisiasi idalam Perspektif iMasyarakat iBatlale Di Pulau Buru. Sebuah Artikel


Refbacks

  • There are currently no refbacks.