Kreativitas guru pak dalam pembelajaran di era digital

sintike salamor, grestalia tibaly, Yenni Totango

Abstract


Abstrak

Pendidikan di era digital memerlukan guru yang kreatif dan beradaptasi. Kreativitas guru adalah sebuah kualitas yang memungkinkan guru untuk menghasilkan ide dan solusi yang unik dan efektif untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Dalam pembelajaran di era digital, kreativitas guru Pak adalah sebuah kompetensi wajib yang memungkinkan guru untuk menggunakan teknologi dan media digital secara efektif dan efisien.Penggunaan teknologi dan media digital dalam pembelajaran di era digital memerlukan kreativitas guru Pak untuk mengubah cara mereka mengajar dan mempelajar. Guru Pak harus mampu mengembangkan aktivitas belajar yang berbasis teknologi dan media digital, seperti video tutorial, simulasi virtual, dan permainan interaktif, untuk meningkatkan pembelajaran siswa.Pembelajaran di era digital juga memicu perubahan paradigma bagi guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) untuk mengintegrasikan teknologi dalam metode pengajaran mereka. Artikel ini bertujuan untuk mengungkap strategi kreatif yang diterapkan oleh guru PAK dalam memanfaatkan alat dan platform digital guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literature dengan mengumpulkan data melalui berbagai artikel  dan Temuan menyoroti bahwa kreativitas guru PAK tidak hanya terbatas pada penggunaan perangkat teknologi, tetapi juga pada penerapan pendekatan yang mengakomodasi nilai-nilai agama dengan kecanggihan teknologi. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana kreativitas guru PAK dapat memperkaya pembelajaran di era digital, memungkinkan penerapan pendekatan yang menarik dan relevan bagi generasi digital masa kini.

Kata Kunci:Kreativitas,Guru,Digital,Pembelajaran

abstract

Education in the digital era requires teachers who are creative and adaptable. Teacher creativity is a quality that allows teachers to produce unique and effective ideas and solutions to improve student learning. In learning in the digital era, Pak teacher creativity is a mandatory competency that allows teachers to use technology and digital media effectively and efficiently. The use of technology and digital media in learning in the digital era requires Pak teacher creativity to change the way they teach and learn. Pak teachers must be able to develop learning activities based on technology and digital media, such as video tutorials, virtual simulations, and interactive games, to improve student learning. Learning in the digital era also triggers a paradigm shift for Christian Religious Education (PAK) teachers to integrate technology in their teaching methods. This article aims to reveal the creative strategies implemented by PAK teachers in utilizing digital tools and platforms to improve the quality of learning. This research uses a literature study approach by collecting data through various articles and the findings highlight that the creativity of PAK teachers is not only limited to the use of technological devices, but also to the application of approaches that accommodate religious values with technological sophistication. The implication of this research is to provide an in-depth view of how PAK teacher creativity can enrich learning in the digital era, enabling the application of approaches that are interesting and relevant for today's digital generation.

keywords: creativity, teacher, digital, learning


Full Text:

PDF

References


Daftar pustaka

Hilman et al. 2019. “AGAPE.” agape III: 27.

Milanda, R. 2019. “Konsep Pembelajaran Digital Di Sekolah Dasar.” http://repository.unpas.ac.id/54964/7/12. BAB 11.pdf.

Telaumbanua, Noni Asriyana, Delipiter Lase, and Amurisi Ndraha. 2021. “Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di SD Negeri 075082 Marafala.” HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1(1): 10–28.

Waritsman, Arsyil. 2020. “Kreativitas Guru Dalam Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Madinatul Ilmi Ddi Siapo.” Nusantara Jurnal Ilmu Pendidikan 1(2): 27–34.

Zebua, S, and M Sibarani. 2023. “Peningkatan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Pengembangan Materi Pembelajaran Digital.” Sinar Kasih: Jurnal … 1(1). https://jurnal.sttarastamarngabang.ac.id/index.php/sinarkasih/article/view/133%0Ahttps://jurnal.sttarastamarngabang.ac.id/index.php/sinarkasih/article/download/133/113.

Hilman et al. 2019. “AGAPE.” agape III: 27.

Milanda, R. 2019. “Konsep Pembelajaran Digital Di Sekolah Dasar.” http://repository.unpas.ac.id/54964/7/12. BAB 11.pdf.

Telaumbanua, Noni Asriyana, Delipiter Lase, and Amurisi Ndraha. 2021. “Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di SD Negeri 075082 Marafala.” HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1(1): 10–28.

Waritsman, Arsyil. 2020. “Kreativitas Guru Dalam Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Madinatul Ilmi Ddi Siapo.” Nusantara Jurnal Ilmu Pendidikan 1(2): 27–34.

Zebua, S, and M Sibarani. 2023. “Peningkatan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Pengembangan Materi Pembelajaran Digital.” Sinar Kasih: Jurnal … 1(1). https://jurnal.sttarastamarngabang.ac.id/index.php/sinarkasih/article/view/133%0Ahttps://jurnal.sttarastamarngabang.ac.id/index.php/sinarkasih/article/download/133/113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.