PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

JEKSON FANDO IPAPOTO, JESTY RAMSCHIE, FEBRYANTI ASOMATE

Abstract


Guru merupakan kompenen dan peranan penting dalam pendidikan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hubungan timbal balik oleh guru dan siswa saat proses pembelajaran terjadi karena adanya suatu tindakan yang telah dilakukan oleh guru dan siswa. peningkatan kualitas guru dalam proses pembelajaran dalat sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan. Guru merupakan sosok yang menjadi teladan, baik dari segi pengetahuan maupun kepribadian bagi peserta didiknya. Istilah Jawa memaparkan bahwa guru merupakan orang yang dapat diteladani dan dapat ditiru. Maka dari itu, guru tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu yang akan diajarkan, memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar, tetapi guru juga dituntut untuk memiliki akhlak, karakter dan kepribadian yang sesuai dalam ajaran islam bagi peserta didik.dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan pada teori-teori. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis yang sebelumnya dibaca terlebih dahulu. Sumber data dikumpulkan melalui teknik studi literatur berbagai sumber, diantaranya buku, jurnal, artikel, dan skripsi yang sejalan dan berkaitan dengan judul yang dipilih oleh peneliti. Dalam tahapannya penelitian ini menggunakan teknis analisis dengan membaca data yang kemudian dibahas dan kemudian disimpulkan.


Full Text:

PDF

References


Adman, Monika. 2017. “Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuaraan” vol.2.

Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4 (1): 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Anggrawan, Anthony. 2019. “Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka Dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa.” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer 18 (2): 339–46. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411.

Arifianto, Yonatan Alex. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6 (1): 45–59. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/84.

Masni, Harbeng. 2017. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.”

Salsabilah, Azka Salmaa, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari, Program Studi, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. 2021. “Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3): 7158–63. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857.

Saputra, Hendra Dani, Faisal Ismet, and Andrizal Andrizal. 2018. “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18 (1): 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168.

Sobron, Adi Nugraha, Sudiatmi Titik, and Suswandari Meidawati. 2020. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Sdn Tambahmulyo 1.” Jurnal Inovasi Penelitian 1 (3): 1–4.

susana, Yenny dan Jayanto, Imam. 2021. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Edited by dwi Nadya Oviliana&Icha Nurhalimah.

Sutiah, HJ. 2020. Teori Belajar Dan Pembelajaran.

SYAPARUDDIN, SYAPARUDDIN, MELDIANUS MELDIANUS, and Elihami Elihami. 2020. “STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (1): 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326.

Telambuana, Budimani. 2018. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangaun Karakter Kristiani Siswa.” Gorentanpena.Com vol.II.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. 2021. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2 (1): 109–26. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24.

Widodo, Sri Adi. 2020. “Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia 0 (0): 745–51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.