IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AJARAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SLB

Dina Kurnia Restanti

Abstract


Dina Kurnia Restanti

Sekolah Luar Biasa Negeri Gunung Kidul, Yogyakarta

[email protected]

 

 

Abstrak

Pendidikan merupakan jembatan emas menuju perubahan. Dengan pendidikan, peserta didik akan dapat mengembangkan diri, sehingga setiap peserta didik memiliki kreativitas, pengetahuan yang luas, kepribadian yang baik, dan menjadi pribadi yang bertanggungjawab. Salah satu tokoh pendidikan nasinoal, Ki Hajar Dewantara, memiliki konsep pendidikan yang masih relevan jika diterapkan pada masa sekarang ini. Salah satu diantaranya konsep pendidikan Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani. Salah satu konsep Pendidikan Agama Kristen adalah membuat peserta didik menjadi pribadi yang merdeka dan mampu mengembangkan diri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai ajaran Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan Agama Kristen, secara khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB). Metode penelitian menggunakan metode studi kepustakaan, yang dilakukan penulis untuk menyusun penelitiannya. Hasilnya, konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dan konsep Pendidikan Agama Kristen memiliki kesamaan. Hasil penelitian dapat disimpulkan : Konsep pendidikan yang dipelopori oleh Ki Hajar Dewantara dapat diterapkan dalam Pendidikan Agama Kristen. Dengan adanya konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, semakin membuat peserta didik menjadi pribadi yang merdeka, sehingga tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen bisa tercapai. Pendidik juga terus berupaya untuk memperbaiki diri, karena menjadi teladan bagi peserta didik. Fasilitas dan desain sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, dibuat senyaman mungkin, sehingga peserta didik merasa nyaman tinggal di SLB.

 

Kata kunci : Implementasi, Ki Hajar Dewantara, SLB, Pendidikan Agama Kristen

 

 

Abstract

Education is a golden bridge to change. With education, students will be able to develop themselves, so that each student has creativity, broad knowledge, good personality, and becomes a responsible person. One of the national education figures, Ki Hajar Dewantara, has a concept of education that is still relevant if applied today. One of them is the educational concept of Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, and Tut Wuri Handayani. One of the concepts of Christian Religious Education is to make students become independent individuals and able to develop themselves. Therefore, this study aims to determine the implementation of the values of Ki Hajar Dewantara's teachings in Christian Religious Education, specifically in Special Schools (SLB). The research method uses the literature study method, which is carried out by the author to organize his research. As a result, the educational concept of Ki Hajar Dewantara and the concept of Christian Religious Education have similarities. The results of the study can be concluded: The concept of education pioneered by Ki Hajar Dewantara can be applied in Christian Religious Education. With the concept of education according to Ki Hajar Dewantara, it makes students more independent individuals, so that the learning objectives of Christian Religious Education can be achieved. Educators also continue to strive to improve themselves, because they are role models for students. The facilities and design of the school as a formal educational institution are made as comfortable as possible, so that students feel comfortable living in SLB.

 

Keywords: Implementation, Ki Hajar Dewantara, SLB, Christian Religious Education.




DOI: https://doi.org/10.51689/it.v8i2.549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Fakultas Ilmu Pendidian Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Ambon
Jl. Galala Atas, Halong, Kec. Baguala, Kota Ambon, Maluku
Tel: (021) 82744698. Email: [email protected]
Kontak Person/Whatsapp : +62 852-4300-8209

P-ISSN 2339-0573
E-ISSN 2723-1917