ANALISIS AKTIVITAS LEISURE AND RECREATION PENGUNJUNG GENERASI Z DI PATTIMURA PARK

Reli Novalin Thomas, Nurlaila Tuanany, Elviaty Helinda Tauran

Abstract


Penelitian yang berjudul Analisis Aktivitas Leisure and Recreation Pengunjung Generasi Z di Pattimura Park ini dilakukan, karena Pattimura Park menjadi salah satu kawasan wisata yang menjadi pilihan bagi pengunjung Generasi Z untuk menghabiskan waktu luang mereka dalam bentuk implementasi waktu luang yaitu berwisata. Pattimura Park memiliki fasilitas yang memadai seperti panggung terbuka, lapangan bola basket dan volly, pedestrian yang tertata rapi, dan air mancur berwarna warni, ini juga merupakan fasilitas pendukung dalam mengisi kegiatan waktu luang (Leisure and Recreation).

             Pattimura Park ini banyak dipilih oleh Generasi Z, aktivitas Generasi Z begitu banyak mulai dari kuliah dan kerja. Membuat tugas, mengikuti organisasi kemahasiswaan dan olahraga, yang dapat berdampak kondisi fisik maupun mental. Untuk itu Generasi Z diharapkan dapat memanfaatkan waktu luangnya dengan menggunakan ruang publik seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pattimura Park untuk berekreasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Pengunjung Generasi Z dan Motivasi untuk mengunjungi Pattimura Park.

            Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan terhadap beberapa informan dalam hal ini Bagian Umum dan Perlengkapan Kota Ambon, Dinas PUPR Kota Ambon dan juga Pengunjung Generasi Z. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, Aktivitas yang dilakukan Pengunjung Generasi Z di Pattimura Park adalah berolahraga, duduk santai, menonton pertunjukkan seni dan budaya, mendengarkan musik berkumpul bersama teman, keluarga dan kerabat. Adapun motivasi mengunjungi Pattimura Park yaitu kebutuhan individu kemauan untuk melakukan usaha tertentu untuk tujuan relaksasi melepas ketegangan fisik dan mental. Makna yang didapat ketika Generasi Z selesai melakukan aktivitas rekreasi di RTH Pattimura Park adalah, mereka merasakan makna kesehatan, pendidikan, sosial, politis dan ekonomi.

Kata-kata kunci: Aktivitas , Motivasi Pengunjung Generasi Z


Full Text:

PDF

References


Dr. Hernawan, S.E., M.Pd. (1 April 2020), Olahraga, Rekreasi, Dan Waktu Luang, Penerbit.Jutrianis S. M.Pd & Eka Rinaldo. Pt Grandinda Persada, Kota Depok. (BUKU)

Revida Erika, Sherly Gaspersz, Lulu Jola Uktolseja, Nasrullah, Samuel Y. Warella, Nurmiati, Moh. Hatta Alwi, Hengki Mangiring Parulian Simarmata, Tagor Manurung, Ramen A Purba (Menulis, 2020), Pengantar Pariwisata, penerbit: yayasan kita menulis. (BUKU)

Rijali (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374. (JURNAL ILMIAH)

M. Ratar (2022). Waktu Senggang Dan Rekreasi Sebagai Motivasi Berkunjung Di Kawasan Wisata Boulevard Manado Leisure and Recreation As Motivation To Visiting in Manado Boulevard Tourism Area. Wenas 991 Jurnal EMBA, 10(2), 991–100. (JURNAL ILMIAH)

Parhusip & Arida, 2018, Wisatawan Milenial di Bali (Karakteristik, Motivasi, dan Makna Berpariwisata), Jurnal Destinasi Pariwisata Vol. 6 No 2, 2018. (JURNAL ILMIAH)

Singraja, K, & Buleleng, K. (2019). Penggunaan RTH Taman Bung Karno Sebagai Aktivitas Leisure And Recreation Bagi Mahasiswa. 44-53. (JURNAL ILMIAH)

Shalli Habiibika Baaq, Sarah Fadila, Esti Dwi Rahmawati, Haris Novy Admadianto, (Shalli Habiibika Baaq et al., 2022), Peran Kepuasan Dan Motivasi Pengunjung Terhadap Niat Berkunjung Kembali Ke Taman Satwa Taru Jurug surakarta. (JURNAL ILMIAH)




DOI: https://doi.org/10.37196/nojisok.v4i2.789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Noumena terlah terdaftar pada situs:

 

    

This work is licensed under a