PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI

Ahsani Amalia Anwar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan video dokumenter sebagai media pembelajaran Sosiologi KD 3.4 Mata Pelajaran Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian di Kelas XI IPS SMA Negeri 16 Maluku Tengah, serta untuk memberikan pemahaman tentang moderasi beragama bagi siswa kelas XI IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, dengan tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi dan revisi desain. Kelayakan video dokumenter sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran KD 3.4 Sosiologi di Kelas XI IPS SMA Negeri 16 Maluku Tengah dapat dilihat dari hasil validasi. Hasil validasi dilakukan oleh tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan praktisi. Nilai validasi ahli media menunjukkan nilai rata-rata dari total validasi media adalah 5 yang menunjukkan kriteria sangat layak dan dinyatakan valid. Nilai rata-rata validasi materi total adalah 4,61 dengan skor maksimal 5 dan dinyatakan valid. Sedangkan praktisi, nilai rata-rata validasi total latihan adalah 4,84 yang menunjukkan kriteria sangat layak dan dinyatakan valid. Kesimpulannya, video dokumenter ini valid untuk digunakan sebagai bahan pelajaran Sosiologi KD 3.4 materi konflik, kekerasan, dan perdamaian serta memperluas pemahaman siswa tentang konsep moderasi beragama sebagai upaya penyelesaian konflik Pelauw dan Kariu.


Full Text:

PDF

References


Abbas, M. (2022). Bentrokan Maut di Pulau Haruku Maluku, Ini Penyebabnya. Retrieved January 26, 2022, from https://news.detik.com/berita/d-5914899/bentrokan-maut-di-pulau-haruku-maluku-ini-penyebabnya#:~:text=%22Awalnya bermula dari kesalahpahaman antara,desa bertetangga itu memicu penganiayaan.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, U. (2018). Video Dokumenter. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Karepesina, T. H. (2022). Bentrok Dusun Ori dan Desa Kariu di Maluku Bukan SARA! Retrieved January 27, 2022, from https://www.alonesia.com/nasional/pr-1912541211/bentrok-dusun-ori-dan-desa-kariu-di-maluku-bukan-sara

Kementerian Agama Kepulauan Riau. (2019). Modul Moderasi Beragama Dalam Menjaga Keutuhan NKRI. Kementerian Agama Badan Balitbang dan Diklat Pusdiklat Tenaga Administrasi Tahun 2019.

Maarif, S. (2014). Semua Agama Ajarkan Umatnya Untuk Hidup Damai. Retrieved from https://www.umy.ac.id/semua-agama-ajarkan-umatnya-untuk-hidup-damai

Nabilah, M. S. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran bagi Kegiatan Belajar Mengajar. Retrieved from https://www.kompasiana.com/mufidasalmanabilah4458/61cdc4234b660d4c814cc382/pentingnya-media-pembelajaran-bagi-kegiatan-belajar-mengajar%0A

Ningrum, A. Y. (2021). Pengembangan Video Dokumenter Sejarah Kebudayaan Indonesia Dalam Implementasi Pembelajaran Multikultural Pada Kurikulum Nasional Di SMP Negeri 10 MAKASSAR.

Nurhidayah, E. (2017). Materi Sosiologi SMA Kelas XI : Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian. Retrieved November 5, 2017, from https://blog.unnes.ac.id/efvinurhidayah/2017/11/05/materi-sosiologi-sma-kelas-xi-konflik-kekerasan-dan-perdamaian/

Rozi. (2022). Pentingnya Pemahaman Moderasi Beragama Pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Umum. Retrieved from https://www.ubb.ac.id/index.php?page=artikel_ubb&&id=650&judul=Pentingnya#:~:text=Harapan pemberian pemahaman terkait moderasi,mudah mengafir-ngafirkan orang lain.

Sanja, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Metode Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tejawati, A., Pradana, E. K., Firdaus, M. B., Suandi, F., Lathifah, L., & Anam, M. K. (2019). PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER †œWANITA DAN INFORMATIKA†DI LINGKUNGAN FKTI UNIVERSITAS MULAWARMAN. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Elektronik, 2(2), 72–80.

Widyoko, E. (2016). Teknik-teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winalda. (2018). Pengertian Film Dokumenter dan Jenis-Jenisnya. Retrieved from http://ipsmfestival.com/2018/09/21/301/#:~:text=Itulah sedikit informasi mengenai pengertian film dokumenter dan,Semoga info tersebut bermanfaat dan bisa menjadi referensi.,




DOI: https://doi.org/10.37196/nojisok.v4i2.914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Noumena terlah terdaftar pada situs:

 

    

This work is licensed under a