HUBUNGAN MOTIVASI PENGELOLA DENGAN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA (Studi Kasus : PAUD Di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu)

ICA PURNAMASARI, Jenri Ambarita

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya motivasi untuk mengelola manajer infrastruktur pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk: menggambarkan motivasi pengelola pendidikan anak usia dini, dan manajemen infrastruktur menggambarkan manajer hubungan dengan infrastruktur manajemen motivasi untuk pendidikan anak usia dini di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Penelitian ini merupakan korelasi kuantitatif dengan rumus Spearman, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua pengelola pendidikan anak usia dini, menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa: motivasi organizer pendidikan anak usia dini sangat rendah, baik dari segi keinginan untuk berhasil, kemampun kerja keras,  tanggung jawab, ketekunan dan ketekunan  dalam tugas-tugas kerja, infrastruktur manajemen untuk pendidikan anak usia dini sangat tidak baik, baik dari dalam hal perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan dan evaluasi. Ada hubungan antara motivasi manajer sinifikan dengan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini.

 

Kata kunci: motivasi manajer, manajemen, infrastruktur, anak usia dini.

 

ABSTRACT

 

This research begins with the problem of low motivation to manage early childhood education infrastructure managers. This study aims to: describe the motivation of early childhood education managers, and infrastructure management describe the relationship managers with motivational management infrastructure for early childhood education in Kaur District, Bengkulu Province. This research is a quantitative correlation with the Spearman formula, the population and sample in this study are all early childhood education managers, using stratified random sampling techniques. The results found that: early childhood education organizer motivation is very low, both in terms of the desire to succeed, hard work ability, responsibility, perseverance and perseverance in work assignments, management infrastructure for early childhood education is not very good, both from in terms of planning, procurement, use, maintenance and evaluation. There is a relationship between manager motivation and management of facilities and infrastructure for early childhood education.

 

Keywords: manager motivation, management, infrastructure, early childhood.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto,Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Baslema, Anisah. 2006. “Peran Tenaga Kependidikan Pendidik Nonformal (PNF) dalam Meningkatkan Kualitas Warga Belajar Pendidikan Berkelanjutanâ€. Jurnal Ilmiah Visi PTK- PNF. Vol. 1, No 2.

Rahman, Hibana S. 2005. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera

Media

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Winardi. 2002. Motivasi dan Pemotivasian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.