KREATIVITAS GURU PAUD DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI DARI BAHAN ALAM DAN LIMBAH

Jenri Ambarita, Ica Purnamasari

Abstract


ABSTRAK

 

Dalam pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini sering kali dihadapkan pada berbagai kendala, terutama yang menyangkut dengan masalah pembiayaan yang serba mahal dan tidak terjangkau sehingga perlu dicarikan langkah-langkah inovatif untuk mengatasinya supaya Pendidikan Anak Usia Dini bisa dilaksanakan dengan murah tetapi berkualitas. Maka perlu kreativitas guru untuk membuat Alat permainan edukatif (APE) yang  multi fungsi, menarik, aman, berukuran sesuai dengan usia anak usia dini dan awet, tidak membahayakan, disesuaikan dengan kebutuhan meski demikian, permainan edukatif tidak selalu identik dengan permainan canggih yang mahal, permainan edukatif pun dapat dibuat dengan desain mudah dan sederhana, serta bahan-bahan limbah dan bahan alam  yang mudah diperoleh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa Pendidik PAUD Assalaam membuat alat permainan edukatif dengan bahan limbah dan bahan alam bagi pendidik PAUD Assalaam dengan membuat alat permainan edukatif  itu menambah ataupun mengasah keterampilan, pendidik juga menjadi kreatif dan anak ikut berkreasi dalam membuat alat permainan edukatif.

 

Kata Kunci: Pendidik, Anak, Kreativitas, APE, Bahan Limbah, Bahan Alam

 

ABSTRACT

 

In the implementation of Early Childhood Education is often faced with various obstacles, especially those related to financing problems that are too expensive and not affordable so it needs to look for innovative steps to overcome them so that Early Childhood Education can be implemented cheaply but with quality. Then the teacher's creativity is needed to create an educational tool (APE) that is multi-functional, attractive, safe, sized according to the age of early childhood and durable, does not endanger, adjusted to the needs. However, educational games are not always synonymous with expensive sophisticated games, educational games can also be made with easy and simple designs, as well as waste materials and natural materials that are easily obtained. This study uses qualitative research methods with a descriptive approach. The results of the study found that Assalaam PAUD Educators make educational play tools with waste materials and natural materials for Assalaam PAUD educators by making educational play tools add or hone skills, educators also become creative and children participate in creating creative educational toys.

Keywords: Educators, Children, Creativity, APE, Waste Materials, Natural Materials


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. Manajemen strategis Pendidikan Anak Usia dini. Jogjakarta: Diva press

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Neti Erawati. 2008. Implementasi Pelatihan Keterampilan Hidup dalam Pembuatan VCO oleh Warga Belajar di Kelurahan Pematang Gubernur Kota Bengkulu. Skripsi PLS IKIP. IKIP BENGKULU: Tidak diterbitkan

Rahman, Hiba S. 2002. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabet Suyadi. 2009. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Jogyakarta: Ihdinah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.