STRATEGI BELAJAR SISWA KELAS VI UNTUKMENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) PADA SDN 3 KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Naomi Telehala, Juniwando Purba

Abstract


Abstrak

Kualitas lulusan pada tingkat Sekolah Dasar menjadi perhatian dan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan strategi belajar aktif yang efektif dapat meningkatkan hasil lulusan. Menurut Rusman, Strategi belajar aktif lebih banyak melibatkan aktivitas siswa dalam mengakses berbagai informasi dan pengetahuan untuk dibahas dan dikaji dalam proses pembelajaran dikelas sehingga mereka mendapatkan berbagai pengalaman yang dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensinya karena pembelajaran aktif memungkinkan siswa mengembangkan kemampuan tingkat tinggi, seperti menganalisis dan mensintesis serta melakukan penilaian terhadap berbagai peristiwa belajar dan menerapkan dikehidupan sehari-hari. Metode yang peneliti gunakan untuk mengkaji dan menganalisis masalah ini adalah metode kualitatif. Selanjutnya semua data yang diperlukan guna pembahasannya diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan data-data documenter lainnya yang dianggap bermanfaat untuk melahirkan sebuah tulisan ilmiah. Data ini diperoleh, dianalisis dan dibahas sebagai sebuah tulisan ilmiah dengan judul “Strategi Belajar Siswa Kelas VI untuk Menghadapi Ujian Akhir Sekolah Pada SDN 3 Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat.

 

 

Kata Kunci : Strategi Belajar Aktif

 

Abstract

The quality of graduates at the elementary school level is a concern and the main focus in this research is how to implement active learning strategies that can effectively improve graduate outcomes. According to Rusman, active learning strategies more involve student activities in accessing various information and knowledge to be discussed and studied in the learning process in class so that they get a variety of experiences that can enhance their understanding and competence because active learning enables students to develop high-level abilities, such as analyzing and synthesizing and evaluating various learning events and applying them to daily life. The method that researchers use to study and analyze this problem is a qualitative method. Furthermore, all the data needed for the discussion is obtained by using interview, observation and other documentary data which are considered useful for producing a scientific paper. This data was obtained, analyzed and discussed as a scientific paper with the title "Class VI Student Learning Strategies for Facing School Final Examinations at SDN 3 Kairatu, West Seram District.

 

Keywords: Active Learning Strategies


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A.M, Sudirman. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar, PT RajaGrafindo Perdasa, Jakarta 2010.

Bachri Djamarah Syaiful. Psikologi Belajar. Rineka cipta. Jakarta 2008.

B.S. Sidjabat, Mengajar secara Profesional (Mewujudkan Visi Guru Profesional), Bandung, Yayasan Kalam Hidup, 2009.

Elisabeth, Pembelajaran PAK Pada Anak Usia Dini, Bina Media Informasi, Bandung 2010

Hadi Supeno, Potret Guru, Jakarta, Pustaka Sinar Harapan, 1995.

H.Umar. Strategic Management in Action. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2008.

Hurlock, Bagaimana Mengasuh Anak, Indonesia publishing house, bandung 1995.

Kaelan, Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner, Paradigma Yogyakarta 2010.

Meichati, Motivasi Pembaca, Universitas gajah mada, Yogyakarta 1978.

M.I.Soelaiman, Menjadi Guru, Bandung, CV diponegoro, 1989.

Moleong Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung 2002.

Mulyasa, H,E. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, PT remaja rodaskarya. Bandung 2013.

Nasution, M, A. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar,PT Bumi Aksara, Jakarta 2008.

Prihati Tati, Penerapan Moral Bagi Anak Usia Dini, Bima Media Informasi, Bandung, 2010.

Sahertian Ch. D.W. Bahan Ajar Strategi Pembelajaran, Tidak diterbit, Ambon 2009

Santoso, Sugeng, Pendidikan Anak Usia Dini, Citra Pendidikan, jakarta. 2004

Sukandi, Belajar Aktif dan Terpadu, Apa, Mengapa dan Bagaimana (Surabaya, Duta Graha Pustaka 2003) hal 6

Suyono & Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, bandung 2014.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak dalam Interaksi Edukatif, Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, Rineka Cipta, Jakarta 2005.

Tarumaselly Els, Garis-garis Materi Perkuliahan, Diktat Belajar, Ambon, 2006.

Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik, Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Predana Media Group, Jakarta, 2011.

Umi Mahmudah, M.A dkk. Active Learning Dalam Pembelajaran, Bahasa Arab, (UIN Malang Press, 2008) hal 123-124

Uno, B, Hamzah. perencanaan pembelajaran. PT bumi aksara, Jakarta 2006.

Witherington, Pengertian Minat, cempaka putih, Surabaya 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.