PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Jane Gresia Akollo, Tiffany Adriana Wattilete, Delkia Lesbatta

Abstract


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan empatikepada anak usia dini (5-6 tahun) melalui penerapan metode bermain peran (role playing). Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan empati anak usia dini melalui penerapan metode bermain peran (role playing). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus denganjumlah subjek 21 anak,pada kelas C dengan usia 5-6 tahun, di PAUD Rafflessia Arnoldy, Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Dari hasil pelaksanaan dan observasi pada siklus I dan siklus II ditemukan terjadinya peningkatan pada empati anak. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran pada anak usia dini (5-6 tahun) dapat berpengaruh dalam mengembangkan empati anak.Disarankan bagi guru agar empati anak dapat lebih dikembangkan lagi, baik dalam pembelajaran di kelas ataupun pelaksanaan kegiatan sekolah lainnya yang disesuaikan.

 

Kata kunci: metode bermain peran, empati

 

Abstract

This research focuses on the use of role play to enhance children’ empathy. This research aims to get the description about the enhancement of children’s empathy. It applies Classroom Action Research (CAR) method which uses two cycles for 21 students of Raflesia Arnoldy Kindergarten. The data is collected using observation, interview, field note and documentation. The result shows that there is an improvement on the children empathy. Therefore, it proves that the use of role play can effectively improve children’s empathy. Moreover, it is suggested that the teacher can improve the children empathy by related not only to the classroom activity but also other school activities.

Keywords: role playing methods, emphaty

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Davis, M.H. (1983). Measuring individual differences in empathy: Evidence for a multidimensional approach. Journal of Personality and Social Psychology.44 (1), 113-126.

Goleman, Daniel. (1997). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas: teori dan aplikasi. Bandung: UPI Press.

Hurlock,E.B.(1999). Perkembangan Anak (terjemahan: Meitasari Tjandrasa &Muslichah Zarkasih). Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Lesbassa, J. (2014). Peran empati dan selfesteem dalam memprediksi kecenderungan menjadi pelaku cyberbullying pada remaja.Tesis. Yogyakarta:Fakultas Psikologi Unversitas Gajah Mada.

Mahdiani, T F &Prasetyaningrum, J. (2012). Pengaruh dongeng dan bermain peran dalam mengembangkan empati pada anak usia dini. Publikasi Ilmiah: Fakultas Psikologi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mariskha, S E & Umaroh, K S. (2019). Bermain peran untuk meningkatkan empati pada anak usia sekolah dasar sd “x†di samarinda (experiential method). Motiva Jurnal Psikologi. DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v1i1.4016.

Nugraha D, Apriliya S, & Veronicha R K. (2017). Kemampuan empati anak usia dini.Jurnal PAUD Agapedia, Vol.1 No. 1 Juni 2017, 30-39.

Ramdhani, N. (2016).Emosi moral dan empati pada pelaku perundungan-siber. Jurnal Psikologi Vol 43, No 1, 66-80

Rahmawati, A. (2014). Metode bermain peran dan alat permainan edukatif untuk meningkatkan empati anak usia dini.Jurnal Pendidikan Anak, Vol III, Edisi 1, Juni 2014.

Steffgen, G., Konig, A., Pfetscah, J., & Melzer, A. (2011). Are cyberbullies less empathic? adolescents’ cyberbullying behavior and empathic responsiveness.Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking. 14 (11), 643-648.

Supriono & Sapari. (2001). Manajemen Berbasis Sekolah. Surabaya: SIC.

Zaini, dkk. (2008). Strategi Belajar Aktif. Jakarta: PT. Pustaka Insan Mudani.

Wulandari, P Y, dkk (2019). Memahami empati anak usia dini dari perspektif multimedia; (dalam buku: Bunga Rampai Psikologi Perkembangan.Memahami Dinamika Perkembangan Anak). Sidoarjo: Zifatama Jawara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.