Model-Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Lusye Kainama, Jean Salhuteru, Oktopina Rumahuru, Marthenci Unitly, Rendy Amanukuany

Abstract


Guru yang menyenangkan yaitu guru yang mampu memahami kebutuhan dari setiap peserta didiknya dalam setiap proses pembelajaran. Guru dan peserta didik yang mampu menciptakan dan memotivasi untuk mengikuti seluruh proses pembelajaran dari awal sampai akhir pembelajaran. Dalam hal ini peran model pembelajaran sangat penting untuk dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Model pembelajaran yang dipakai guru dalam proses pembelajaran akan sangat berpengaruh bagi peserta didik. Penelitian ini menjelaskan tentang model-model pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi literatur.Untuk itu setiap guru harus memiliki pengetahuan yang baik tentang konsep model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, karena karakteristik dari setiap peserta didik dalam belajar beraneka ragam. Data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data sekunder berupa hasil-hasil penelitian seperti jurnal, buku, artikel serta sumber lain yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data analisis isi. Analisis data ini dimulai dengan menganalisis hasil penelitian dari yang paling relevan, relevan dan cukup relevan. Selanjutnya, melihat tahun penelitian dimulai dari yang terbaru dan ke tahun yang lebih lama. Selanjutnya, melihat tahun penelitian dimulai dari yang terbaru dan ke tahun yang lebih lama.Analisis data ini dimulai dengan menganalisis hasil penelitian dari yang paling relevan, relevan dan cukup relevan. Selanjutnya, melihat tahun penelitian dimulai dari yang terbaru dan ke tahun yang lebih lama. Analisis data ini dimulai dengan menganalisis hasil penelitian dari yang paling relevan, relevan dan cukup relevan.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Dewi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Samarinda. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101–112. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp101-112

Efendi, M. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation untuk meningkatkan ketrampilan sosial. 87(1,2), 149–200.

Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Penerbit Lindan Bestari. https://books.google.co.id/books?id=rOmoEAAAQBAJ

Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 . 0. 4(2), 3011–3024.

Irawati, R. K., Murniningsih, Putri, R. W. E., & Oetomo, R. A. (2022). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: Refleksi Perkuliahan Perencanaan Pembelajaran PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 122–130.

Isjoni. (2016). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajan Kelompok. 16–68.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Milya Sari, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science [Diakses 11 Juli 2022], 6(1), 41–53.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Acta Farmaceutica Bonaerense, 22(3), 197–201.

Nyoman Ayu Putri Lestari, S. P. M. P., Kadek Lina Kurniawati, S. P. M. P., Made Sri Astika Dewi, S. P. M. P., I Putu Agus Dharma Hita, S. P. M. O. A., Ni Made Ignityas Prima Astuti., M. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=7F69EAAAQBAJ

Ricu Sidiq, Najuah, P. S. L. (2021). Model-Model Pembelajaran Abad 21.

Rosmala, A. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=5xwmEAAAQBAJ

Tama, P. A. (2020). Metode Discovery Based Learning Sebagai Model Pembelajaran Musik Di SMP Negeri 1 Karangpandan. http://digilib.isi.ac.id/10179/%0Ahttp://digilib.isi.ac.id/10179/4/JURNAL - Prasetyo Adhi Tama.pdf

Tibahary, A. R. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif Muliana. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(03), 54–64.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.