Penggunaan Alat Permainan Edukatif Play Dough Untuk Merangsang Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia Dini di Kelompok Bermain ROVILA Kota Ambon

Mercy Florence Halamury

Abstract


Kecerdasan Logis matematis perlu ditanamkan sejak anak usia dini. Keterlambatan perkembangan awal kecerdasan dapat mempengaruhi kehidupan anak di masa depan, sehingga diperlukan rangsangan melalui alat permainan edukatif dalam rangka menstimulasi perkembangan matematika anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat ketercapaian pembelajaran bagi anak usia dini dengan menggunakan Alat permainan edukatif Playdough untuk merangsang kecerdasan matematika anak kelompok bermain usia 4-5 tahun pada Kelompok Bermain Rovilia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif evaluatif terhadap pelaksanaan pembelajaran bagi anak usia dini pada Kelompok Bermain Rovilia. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Playdough yang dipergunakan sebagai alat permainan edukatif dalam pembelajaran di Kelompok bermain Rovilia adalah 1) melalui bermain bebas dengan playdough anak dapat mengenal dan membentuk lambang bilangan. 2) melalui bermain bebas dengan playdough anak dapat menghubungkan konsep -konsep logis yang secara langsung dapat dituturkan.

 

Kata Kunci;  Alat Permainan edukatif, Kecerdasan Logis Matematis,  Anak Usia  Dini


References


Ahmad Susanto, 2018. Pendidikan anak usia dini ; konsep dan teori. Jakarta. Bumi Aksara

Amir Hamzah, Teori Multiple Intelligences dan Implikasinya Terhadap Pengelolaan Pembelajaran, Tadrîs. Volume 4. Nomor 2. (2009), Hlm 253

Armstrong, Thomas. 1993. 7 Kinds of Smart : Identifying and Developing Your Intelligences. New York: Penguin Group.

Anita Yus, 2005. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi: Jakarta

Cristina Hari Sotjiningsih, 2018. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Cimangis, Depok. PrenadaMedia Group.

Direktorat PAUD, Tantangan yang Harus Dijawab (Jakarta: Buletin PADU Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini, 2002), p. 2.

Fathul Mujib dan Nailur Rahmawati, Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab, Diva Press, Jogjakarta, 2013. Hlm.29

Gardner, Howard. 1993. Multiple Intelligences : The Theory in Practice A Reader. New York: Basic Books.

Gutama,dkk. 2005. Mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistik.

(Seminar dan Lokakarya Nasional 2005 Pendidikan Anak Usia Dini, kampus UGM 14-16 Nopember 2005).

Mursid, 2016. Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT.Remaja Rosdakarya, Bandung

Muhamad Yaumi, 2012. Pembelajaran berbasis multiple intellegenci. Jakarta ; Dian Rakyat.

Nichols, Brooke, 2010. Bagaimana Meningkatkan Pembanguan Play Dough Bayi itu? (online), Tersedia : www.ehow.com

Novitasari,Noni, 2009, Efektivitas Media Playdough Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA, Skripsi FIP UPI Bandung : tidak diterbitksn

Nurulwahida Hj Azid, Aizan Yaacob, Sarimah Shaik-Abdullah, The Multiple Intelligence Based Enrichment Module On The Development Of Human Potential: Examining Its Impact and The Views Of Teacher, Malaysian Journal of Learning and Instruction: Vol. 13 No. 2 (2016), h.178

Pagliaro, C. M., & Kritzer, K. L. (2013). The Math Gap: A Description of the Mathematics Performance of Preschool-aged Deaf/Hard-of-Hearing Children. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 18(2), 139–160. https://doi.org/10.1093/deafed/ens070

Pupung Puspa Ardini, Anika Lestari Ningrum. 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini; Sebuah (Kajian Teori dan Praktik). CV Adjie Media Nusantara. Nganjuk

Rina Roudhotul Jannah, dkk, 2018. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Multiple Intelligences. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta

Soe, Dockett dan Fleed, Marilyn. 2000. Play and Pedagogy in Early Childhood. Australia: Harcout.

Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Tadikirotun Musiroh, 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan, Jakarta ;Dinas Pendidikan Nasional

Tedjasaputra, Meyke S, 2001. Bermain, Mainan dan Permaian, Jakarta Grasindo

Utoyo Setiyo, 2017. Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini, Ideas Publishing, Gorontalo

Yuliani Nurani Sujiono, 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Permata Puri Media, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.51689/it.v7i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Fakultas Ilmu Pendidian Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Ambon
Jl. Galala Atas, Halong, Kec. Baguala, Kota Ambon, Maluku
Tel: (021) 82744698. Email: [email protected]
Kontak Person/Whatsapp : +62 852-4300-8209

P-ISSN 2339-0573
E-ISSN 2723-1917