PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING (Studi di Kelas 1 SD Negeri 1 Galala).

Susentra Saude, Yowelna Tarumaselly, Ira Ririhena

Abstract


Munculnya  Covid-19 memberikan dampak besar pada semua aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan, yakni terganggunya proses pembelajaran, karena himbaun melakukan social distancing. Berdasarkan kondisi tersebut tersebut maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 mengenai pembelajaran daring. Pembelajaran daring atau pembelajaran dari rumah membutuhkan perhatian lebih dari orang tua dalam memberikan pendampingan dan turut mempersiakan kelengkapan anak.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a)  apa saja bentuk  pendampingan yang dilakukan orang tua, (2) bagaimana pendampingan belajar anak bagi orang tua yang bekerja, (3)  factor-faktor yang mempengaruhi pendampingan orang tua terhadap anak dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriftif. Sasaran dan informan dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa. Pengumpulan data yang diambil melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pendampingan yang dilakukan orang tua di rumah dalam proses belajar daring adalah: (a) sebagai guru, (b) sebagai fasilitator. (2) anak yang kedua orang tuanya sama-sama mempunyai pekerjaan maka tidak bisa melakukan pendampingan dan solusi yang dilakukan orang tua supaya anak tetap ada yang mengawasi adalah dengan menitipkan kepada keluarga terdekat di rumah, bagi anak yang orang tuanya hanya ayah yang bekerja maka pendampingan dilakukan oleh ibu. (3) faktor-faktor yang memperngaruhi adalah: (a) faktor kesabaran orang tua, (b) factor kebijaksanaan orang tua dan (3) faktor ekonomi orang tua.


References


Dewi, W. A. F. (2020). , “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar”,. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume. 2,(Nomor .1, hlm 55-61.).

Fajar Ahmad Dwi Prasetyo. (2018). “Pendampingan orang tua dalam proses belajar anak”,. In Kearsipan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma,.

Febrianita, D., & Pratama, T. (2012). Perbedaan Hubungan antara Ibu Bekerja dan Ibu Rumah Tangga terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia 2-5 Tahun Relationship between Working Mother and the Housewife with the Growth and Development of 2-5 Years Children. 12(3), 143–149.

Handarina, O. I. (2020). , “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19 ”,. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 8,(No.3).

Hasna, I. F., Wardani, I. S., Irianto, A., Pgri, U., & Buana, A. (2021). PERAN SERTA KENDALA ORANGTUA DALAM PROSES PENDAMPINGAN BELAJAR DI RUMAH DI ERA PANDEMI COVID-19 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan dapat diartikan sebagai usaha yang dilaksanakan guna mencapai pembelajaran menambah toleransi dan dan si.

Kurnia Wahyu. (2021). “Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19”,. In Kearsipan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusalam Banda-Aceh,.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 4 Tahun 2020 “. (2020). Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)”.

Nugraheni, R., & Mardiana, T. (2021). Pendampingan Orang Tua terhadap Proses Belajar Secara Daring Selama Masa Pandemi. 3(3), 20–39.

Nurhasana R. (2020). “Peran Orang Tua dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19),. Educhil, Vol. 2(No. 2).

Peraturan Wali Kota Ambon No 2 Tahun 2020. (2022). Tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat Aman Dan Produktif Di Kota Ambon.

Qomarudin. (2021). “Problematika pemndampingan orang tua pada pada anak dalam pembelajaran daring”,. In Kearsipan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya,.

Rizky, J., & Santoso, M. B. (2018). FAKTOR PENDORONG IBU BEKERJA SEBAGAI K3L UNPAD. 158–164.

Selfi, L.I. & Mardiyana, F. A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Journal If Childhood Education, Vol. 05, 77-80.

Siti, N. (2008). Pengaruh ibu bekerja dan peran ayah dalam coparenting terhadap prestasi belajar anak. Jurnal Soul, September, Vol. 1,(No. 2,).

Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. 6(2), 935–944. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1119

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. 5(1), 772–782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Yenni N. Wulandari. (2021). “Pendampingan Orang Tua dalam mendampingi anak belajar di rumah”,. Seminar Nasional.




DOI: https://doi.org/10.51689/it.v8i1.603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Fakultas Ilmu Pendidian Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Ambon
Jl. Galala Atas, Halong, Kec. Baguala, Kota Ambon, Maluku
Tel: (021) 82744698. Email: [email protected]
Kontak Person/Whatsapp : +62 852-4300-8209

P-ISSN 2339-0573
E-ISSN 2723-1917