STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKANKREATIVITAS ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Secara alamiah, perkembangan anak berbeda-beda, baik dalam bakat, minat, kreativitas, kematangan emosi, kepribadian keadaan jasmani dan sosialnya.Selain itu juga setiap anak memiliki kemampuan terbatas dalam belajar yang inheren, dalam dirinya untuk dapat berpikir kreatif dan produktif. Anak akan beraktivitas sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki dirinya, sehingga pengembangan kreativitas anak harus dimulai sejak anak usia dini baik dalam pendidikan PAUD non formal (TPA, KB) maupun PAUD Formal (TK). Untuk mencapai pengembangan kreativitas anak yang optimal bagi anak usia taman Kanak-Kanak, diperlukan strategi guru dalam pembelajaran, sehingga anak akan terangsang untuk berpikir kreatif. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru, diantaranya: faktor perkembangan anak Taman Kanak-Kanak, menguasai konsep strategi pembelajaran, memiliki potensi kreatif dalam diri, sehingga dengan potensi kreatif itulah, seorang guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran untuk anak usiaTaman Kanak-Kanak, melalui aktivititas atau kegiatan-kegiatan yang dikemas dalam bentuk permainan. Diharapkan dengan strategi guru yang demikian dapat meningkatkan kreativitas anak usia taman kanak-kanak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrianto Taufig Tuhana, 2013, Cara Cerdas Mengaktifkan IQ Kreatif Anak, Jogjakarta : Kata Hati
Agus F Tangyong, dkk, 2011, CBSA: Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak . Suatu Panduan bagi Guru Taman-Kanak-Kanak untuk Menyusun Persiapan bagi Kegiatan Belajar-Mengajar. Jakarta, Gramedia
Djamarah Syaiful Bahri & Zain Aswan, 2012, Strategi Belajar-Mengajar, Rineka Cipta : Jakarta, cet 5
Hurlock, E. B, 1999, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan(Terj), Jakarta, Erlangga
Jamaris M, 2002, Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru, Jakarta : Grasindo
Munandar Utami 1999, Kreativitas Dan Keberbakatan. Strategi Mewujutkan Potensi Kreatif Dan Berbakat,Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Rahmawati Yeni & Kurniawat Euis, 2010, Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Kencana: Jakarta
Sujiono Nurani Yuliani, 2009, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,Jakarta, Indek
Susanto Ahmad, 2012, Perkembangan Anak Usia Dini, Pengantar dan Berbagai Aspeknya, Edisi Kedua, Kencana Prenada media Group, Jakarta
Semiawan Conny, 2002, Belajar Dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini: Pendidikan Prasekolah Dan Dasar, Jakarta : Prenhalindo
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.37196/kenosis.v1i1.23
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kenosis Telah Terdaftar Pada Situs:
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright © Kenosis: Jurnal Kajian Teologi 2015-2022. All Rights Reserved.