Cantik Adalah Berkulit Hitam dan Berambut Keriting: Membaca Kidung Agung 1:5-6 dan 4:1 dari Kaca Mata Orang Maluku

Jusuf Haries Kelelufna

Abstract


Kecantikan perempuan yang ditampilkan melalui media massa, berbagai iklan produk kecantikan, dan bahkan terjemahan teks kitab Kidung Agung (KA) 1:5-6 dan 4:1, kontras dengan realitas perempuan Maluku yang umumnya memiliki ciri-ciri fisik berkulit hitam dan berambut ikal. Teks KA 1:5-6 dan 4:1 perlu diterjemahkan dan ditafsirkan kembali dari perspektif orang Maluku dengan melihat kemungkinan terjemahan lain dari Biblia Hebraica Stuttgartensia (BHS). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah dalam teks tersebut yaitu: Apa yang menjadi ciri-ciri kecantikan perempuan? Penelitian ini adalah analisis teks Alkitab dengan pendekatan eksegese. Data yang dianalisis berupa kata, frasa dan kalimat bahasa Ibrani dengan didasarkan pada teks BHS. Hasil analisis terhadap teks tersebut menunjukkan bahwa perempuan cantik adalah perempuan yang berkulit hitam, berambut ikal, pekerja keras serta baik hati, dan perempuan Maluku memenuhi syarat tersebut.


Keywords


Kidung Agung, Cantik, Perempuan Maluku, Kulit Hitam, Rambut Keriting

Full Text:

PDF

References


Barbiero, Giani. Song of Songs, A Close Reading. Vol. 144. Supplements to Vetus Testamentum. Leiden, Boston: Koninklijke Brill NV, 2011.

Berquist, Jon L. “Postcolonialism and Imperial Motives for Canonization.†In The Postcolonial Biblical Reader, edited by R S Sugirtharajah. Malden, Oxford, Victoria: Blackwell Publishing, 2006.

Cohen, Gary G. “Sîm.†In Theological Wordbook of The Old Testament, edited by R. Laird Harris, 2:872–873. Chicago: Moody Press, 1992.

Craig., Maxine Leeds. Ain’t I a Beauty Queen?: Black Women, Beauty, and the Politics of Race. Oxford: Oxford University Press, 2002.

Culver, Robert D. “RÄ’â.†In Theological WordBook of the Old Testament, edited by R. Laird Harris, 2:823–825. Chicago: Moody Press, 1992.

Fishbane, Michael. Song of Songs. Philadelphia: The Jewish Publication Society. 2015

Goulder, Michael D. The Song of Fourteen Songs. JSOT Sup. 36. England: JSOT Press, 1986.

Hamilton Jr, James M. Song of Songs. A Biblical-Theological, Allegorical, Christological Interpretation, Scotland, UK: Christian Focus Publications Ltd. 2015.

Hwang, Andrew, and Samuel Goh. Asia Bible Commentary Series, Song of Songs. Singapore: Asia Theological Association, 2002.

James, Elaine T..Landscapes of the Song of Songs. Poetry and Place. (Oxford: Oxford University Press, 2017.

Joko Pitoyo, Agus, and Hari Triwahyudi. “Dinamika Perkembangan Etnis Di Indonesia Dalam Konteks Persatuan Negara.†Populasi 25 No. 1 (2017): 64–81.

Kadir, Hatib Abdul. Bergaya Di Kota Konflik, Mencari Akar Konflik Ambon Melalui Gaya HIdup Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

———. “Dari Bangsal Menuju Pergaulan Global: Perubahan Identitas Orang Maluku Di Belanda.†Jurnal Kajian Wilayah, PSDR LIPI 3 No. 1 (2012): 25–45.

Kaplan, J., & Wilson-Wright, A. M.. How Song of Songs Became a Divine Love Song. Biblical Interpretation (Vol. 26). Leiden: Koninklijke Brill NV, 2018.

Kyo, Cho. The Search for the Beautiful Woman, A Cultural History of Japanese and Chinese Beauty. Lanham, Boulder, New York, Toronto, Plymouth, UK: Rowman & Littlefield Publishers, Inc, 2012.

Mubarakan, Munzalan. “Di Mauritania, Perempuan Cantik Itu Harus Gendut,†n.d. Accessed June 12, 2019. https://simomot.com/2014/07/31/di-mauritania-perempuan-cantik-itu-harus-gendut.

Primianty, Dewi. “Hubungan Antara Persepsi Remaja Putri Terhadap Citra Perempuan Cantik Dalam Iklan Kosmetik Di Televisi Dengan Penggunaan Produk Kosmetik Oleh Remaja Putri (Kasus SMU N 1 Bogor, Kota Bogor Jawa Barat).†IPB (2008).

Rao, Naveen. “Reading Other-Wise.†In Reading Other-Wise Socially Engaged Biblical Scholars Reading with Their Local Communities., edited by Gerald. O West. Atlanta: Society of Biblical Literature, 2007.

Santoso, Agus,. Cinta Kuat Seperti Maut; Tafsir Kitab Kidung Agung. Cipanas: STT Cipanas Press, 2014.

Sari, Ani Herna. “Kontes Kecantikan : Antara Eksploitasi Dan Eksistensi Perempuan. Seminar Nasional Gender & Budaya Madura III. Madura: Perempuan, Budaya Dan Perubahan. 71†(n.d.).

Sari, Retno. “Konstruksi Makna Cantik Bagi Mahasiswa Universitas Riau Berkulit Cokelat.†JOM FISIP 4. 1 (February 2017): 1–15.

Shafa, Faela. “Belajar Cantik Di Museum of Enduring Beauty.†DetikTravel Community, n.d. Accessed June 12, 2019. . https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-1908569/belajar-cantik-di-museum-of-enduring-beauty.

Karl Shuve. The Song of Songs and the Fashioning of Identity in Early Latin Christianity. Oxford Early Christian Studies, ed. Gillian Clark, Andrew Louth. Oxford: Oxford University Press, 2016.

Telnoni, J. A. Tafsiran ALkitab Kidung Agung. Kidung Pembebasan, Kidung Solidaritas Perempuan, Kidung Kesetaraan Perempuan Dan Laki-Laki. Jakarta: BPK Gunung Mulia dan Artha Wacana Press, 2013.

Wattimena, Lucas. “Rumah Orang Huaulu, Pulau Seram Maluku Tengah.†Kapata Arkeologi 11 Nomor 2 (November 2015): 155–164.

Weber, Carl Philip. “We.†In Theological Wordbook of The Old Testament, edited by R. Laird Harris, 1:229–230. Chicago: Moody Press, 1992.




DOI: https://doi.org/10.37196/kenosis.v6i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kenosis Telah Terdaftar Pada Situs:

   Psikostudia : Jurnal Psikologi Indexing by :



This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © Kenosis: Jurnal Kajian Teologi 2015-2022. All Rights Reserved.