PENGARUH APLIKASI TIK TOK TERHADAP HUBUNGAN SOSIAL MASYARAKAT INDONESIA DISAAT PANDEMI COVID-19 (Literature Review)

Syamsudin Syamsudin, Lilis Sukmawati

Abstract


Penelitian jurnal ini dilatar belakangi oleh penggunaan aplikasi Tik Tok  yang digunakan masyarakat indonesia sebagai tempat untuk mengekspresikan diri disaat pandemi covid-19, disini akan dijelaskan dampak positif dan negatif dari penggunaan aplikasi Tik Tok serta pengaruh terhadap hubungan masyarakat mulai dari orang tua dan anak, pergaulan remaja, serta lingkungan sekitar. Dengan tujuan agar masyrakat indonesia dapat memahami atau memanfaatkan Tik Tok ini sebagai media yang menguntungkan bagi diri pribadi ataupun orang lain. Metode yang digunakan adalah Metode Riset Digital yaitu dengan memanfaatkan media online. Data yang diperlukan dalam penelitian jurnal ini dikumpulkan dengan teknik mempelajari literatur terutama di google shcolar. Hasil dari literature review adalah pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia sangat berpengaruh terhadap semua sektor dimulai dari sektor perekonomian dan sektor pendidikan. Pandemi covid-19 membuat masyarakat harus tetap dirumah, untuk mengurasi rasa bosan banyak masyarakat yang menggunakan Tik Tok sebagai media penghibur. Banyaknya pengguna membuat Tik Tok menjadi sangat berpengaruh terhadap hubungan sosial di masyarakat Indonesia. Hubungan terhadap orang tua dan anak dimana Tik Tok akan menjadi sangat berbahaya jika digunakan tanpa bimbingan orang tua. Tik Tok dikalangan remaja dipandang sebagai tempat untuk mendapatkan popularitas secara instan sehingga membuat para remaja kecanduan (hiperealitas). Tik Tok menurut pandangan masyarakat terbagi menjadi persepsi positif dimana Tik Tok memberikan manfaat bagi pengguna dan persepsi negatif dimana Tik Tok tidak memberikan manfaat bagi penggunanya.

 


Full Text:

PDF

References


Abdulhakim Arrofi, N. H. (2019). MEMAHAMI PENGALAMAN KOMUNIKASI ORANG TUA – ANAK KETIKA MENYAKSIKAN TAYANGAN ANAK-ANAK DI MEDIA SOSIAL TIK TOK. Interaksi Online, 203-208.

Ambar. (2021, Juli 24). Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli Komunikasi. Retrieved from PakarKomunikasi.com: http//:pakarkomunikasi.com

Azqiara. (2021, Juli 25). Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli. Retrieved from IDpengertian.com: http://idpengertian.net

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi : Teori Pradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Demmy Deriyanto, F. Q. (2018). PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan, VII, 77-78.

Estro Dariatno Sihaloho. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. 1-3.

Ikhsanudin, A. (2020). Detiknews. Retrieved from Ini isi lengkap keputusan menkes soal PSBB Jakarta: http://news.detik.com

M.Si, D. R. (2016). Media Sosial, Edisi Cet. 2. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Mukhammad Hady Dwi Wijaya, M. M. (2020). KONSUMSI MEDIA SOSIAL BAGI KALANGAN PELAJAR (STUDI PADA HYPERREALITAS TIK TOK). Al-Mada : Jurnal Agama Sosisal dan Budaya, 170-191.

Mulawarman, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. 67.

Nur Shadrina Nasution, S. B. (2021). EDUKASI PENCEGAHAN COVID-19 DALAM MEDIA SOSIAL: GAMBARAN KONTEN. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT (e-Journal), IX, 2715-5617.

Ria Yunitasari, U. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, I, 232-243.

Sitorus Fredrick Gerhad. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik-Tok Terhadap Perilaku Anak (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Pada Remaja Di Kota Medan). 77-78.

Sosiologi, P. (2021, Juli 24). Metode Riset Digital. Retrieved from Virtual Ethnograhy: htt//:Youtube.com

Sumartiningtyas, H. K. (2021, Februari 11). 4 Skenario Asal Mula Virus Corona di Wuhan Menurut WHO. Retrieved from Kompas.com: http://www.kompas.com




DOI: https://doi.org/10.37196/nojisok.v2i2.441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Noumena terlah terdaftar pada situs:

 

    

This work is licensed under a