Pemuda Kristen Sebagai Tulang Punggung Pelayanan Gereja Dalam Kajian PAK Spiritual

Petra Marsel Ruhupatty

Abstract


Penelitian yang berlatar belakang Pemuda Kristen. Subjek dalam penelitian ini adalah para pemuda di Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku,  Cabang Silo Ranting Satu (I). Tujuan penelitian ini ialah untuk membina dan menbentuk spiritual, intelektual serta iman dari Pemuda Kristen agar dapat menjadi tulang punggung gereja dalam melakukan penginjilan di saat ini bahkan melanjutkan penginjilan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data dilakukan observasi dan wawancara secara mendala. Wawancara dilakukan terhadap pemuda yang ada dalam daerah pelayanan Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku  Cabang Silo Ranting satu (I). Tempat penelitian di Jemaat GPM Silo dan difokuskan ke Angatan Muda GPM. Hasil penelitian mengagambarkan bahwa diperlukan pembinaan dan pembentukan Spiritual, intelektual serta iman dari gereja juga masyarakat agar dapat mempersiapkan pemuda menjadi tulang pungung gereja. Pemuda sebagai tulang punggung gereja berarti siap, mampu serta layak menjadi pelaku pekabaran injil di masa sekarang maupun di masa yang akan datang, melalui perkataan dan perbuatan.


References


Adri O. E. Matinahoruw. “Peran Pemuda Kristen Di Tengah Tantangan Revolusi Industri 4.0 (Analisa Naratif Terhadap Matius 5 : 13 – 16).” Jurnal Ilmu Sosial Keagamaan Vol.1 No.1, no. 1 (2020): .

Hendrawan, Sanerya. Spiritual Management: From Personal Enlightenment Towards God Corporate Governance. Bandung, Ujung Beruang: Mizan, 2009.

Imaduddin, Aam. “Spiritualitas Dalam Konteks Konseling.” Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research 1, no. 1 (2017): . http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling.

Ritonga, Nova. “Teologi Sebagai Landasan Bagi Gereja Dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020):.

Rungkat, Nova Jelly. “Pentingnya Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Pemuda Dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda Menurut Teori Wychoff.” Jurnal Luxnos 8, no. 1 (2022):.

Sianipar, Desi, Wellem Sairwona, Johanes Waldes Hasugian, Yunardi Kristian Zega, and Nova Ritonga. “Pendidikan Kristen Antisipatif-Transformatif: Revitalisasi Fungsi Didaskalia Untuk Ketahanan Pemuda Kristen Di Era Transnasionalisme.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 2 (2022): 761–781.




DOI: https://doi.org/10.51689/it.v9i2.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Fakultas Ilmu Pendidian Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Ambon
Jl. Galala Atas, Halong, Kec. Baguala, Kota Ambon, Maluku
Tel: (021) 82744698. Email: [email protected]
Kontak Person/Whatsapp : +62 852-4300-8209

P-ISSN 2339-0573
E-ISSN 2723-1917