Manajemen Badan Pengurus dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAR GMIT Benyamin Oebufu

Yusuf Elpontus Tanaem, Imelda Marina Djira

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi yang dilakukan badan pengurus dalam meningkatkan kompetensi guru Pelayanan Anak dan Remaja Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Benyamin Oebufu untuk memberikan arah pencapaian tujuan pelayanan serta mengantisipasi perubahan yang akan terjadi pada saat pergantian periode pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini  dilaksanakan di GMIT Benyamin Oebufu Klasis Kota Kupang Timur dengan subyek  dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari badan pengurus  dan unit pembantu pelayanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analysis Interactive yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi badan pengurus dalam meningkatkan kompetensi guru PAR GMIT Benyamin Oebufu adalah pembahasan materi ajar, pendalaman Alkitab, pelatihan, seminar dan studi banding. Keuntungan yang diperoleh dari peningkatan kompetensi guru PAR adalah lebih memahami firman Tuhan, kreatif dalam pengajaran, membantu persiapan pelayanan, kualitas pengajaran meningkat dan anak lebih memahami pengajaran yang disampaikan. Kendala internal dalam peningkatan kompetensi guru PAR yaitu kesulitan pembagian waktu antara pekerjaan, sekolah dengan pelayanan. Kendala eksternalnya yaitu terbatasnya biaya operasional kegiatan.

 

Abstract

This study aims to analyze the strategies implemented by the governing body to improving the competence of the GMIT Benyamin Oebufu Child and Adolescent Service teachers to provide directions for achieving service goals and to anticipate changes that will occur at the change of service periods. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. This research was conducted at GMIT Benyamin oebufu, Klasis East Kupang City. The subjects in this study were five people consisting of the management body and the service support unit. The data collection techniques used in this study was interviews and observation and documentation. The data analysis technique used is the Analysis Interactive which is divided into four parts, namely data collection, data reduction, data presentation and conclusion / verification. The results showed that the strategy of the governing body in increasing the competence of GMIT Benyamin Oebufu's CAS teachers was discussion of teaching materials, Bible study, training, seminars and comparative studies. The advantages obtained from increasing the competence of CAS teachers are better understanding of God's Word, creative in teaching, helping service preparation, improving the quality of teaching and children better understanding the teaching delivered. Internal constraints in increasing the competence of CAS teachers are the difficulty in dividing time between work, school and services. The external obstacle is the limited operational costs for activities.

 


Keywords


Manejement, Strategy, Competency improvement, CAS teachers, Sunday school

Full Text:

PDF

References


Damanik, Erikson. “Dampak Seminar Dan Workshop Accurate Terhadap Minat Belajar Software Akuntansi.†Jurnal Tekinkom, 2017, 41–46.

Hadi. “Peningkatan Kualitas Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Oleh Pengawas Sekolah Di Sekolah Dasar.†JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 1, no. 1 (2016): 74–79.

Hambali, Muh, and M Luthfi. “Manajemen Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Daya Saing.†Journal of Management in Education (JMIE) 2, no. 1 (2017): 10–19.

Hasan, Nurhayati Ali. “Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pustakawan.†LIBRIA 10, no. 1 (2018): 95–115.

Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Dan Pembelajaran Warga Jemaat Dewasa Di Gereja.†KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 1 (2019): 36–53.

Ikhsan, Fahrudi Ahwan, Fahmi Arif Kurniawan, Bejo Apriyanto, and Elan Artono Nurdin. “Upaya Peningkatan Kompetesi Profesionalisme Guru Ips Di Kabupaten Jember.†JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 11, no. 2 (2017): 14–23. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5833.

Juniantari, I Gusti Ayu Sri. “Pentingnya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. March (2017): 1–12.

Kementerian Pendidikan RI. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru,†2007, 1–31.

Khurotin, Nurul, and Tri Wulida Afrianty. “Analisis Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di PT Beon Intermedia Cabang Malang.†Jurnal Administrasi Bisnis 64, no. 1 (2018): 195–203.

Kristiono, Tanto, and Deo Putra Perdana. “Hambatan Dan Pelayanan Guru Sekolah Minggu Di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta.†Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 2 (2019): 90–100.

Kurnianingsih, Emas. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.†IJEMAR: Indonesian Journal of Education Management & Administration Review 1, no. 2 (2017): 11–18. https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.449.

Majelis Sinode GMIT. “Peraturan Pembentukan Dan Tata Hubungan Badan Pelayanan, Badan Pembantu Pelayanan, Dan Unit Pembantu Pelayanan.†Keputusan Persidangan Majelis Sinode GMIT Nomor :10/KEP/PMS-GMIT/XLII/2018, 2018, 88–135.

Makroni, Siti. “Pengaruh Kualitas Pembelajaran Guru Ekonomi Terhadap Kepuasan Siswa Di SMA Negeri 2 Sentajo Raya.†Pekbis Jurnal 9, no. 2 (2017): 140–50.

Marbun, Japarlin. “Peranan Gereja Bagi Pendidikan Nasional.†Jurnal Pendidikan Agama Kristen : Regula Fidei I, no. 1 (2016): 141–62.

Mariyana, Rita. “Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini.†PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan 12, no. 1 (2016): 1–18. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3296.

Monawati, and Fauzi. “Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa.†Jurnal Pesona Dasar 6, no. 2 (2018): 33–43. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195.

Nadapdap, Marta Uli. “Pengaruh Profesionalisme Guru Sekolah Minggu Terhadap Pemahaman Materi Yang Diajarkan Pada Anak Usia 9-12 (Kelas Besar) Tahun Di GBI Taman.†REGULA VIDEI : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2016): 306–27.

Nirwana, Aida, Murniati, and Yusrizal. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada SD Negeri 2 Kota Banda Aceh.†Jurnal Administrasi Pendidikan 3, no. 4 (2015): 34–43. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.505.

Riandhana, Taufiq Eka. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Pembelajaran IPS Di SMP Negeri Kota Palu.†Jurnal Katalogis 4, no. 1 (2016): 178–88.

Sidjabat, Binsen S. Pendidikan Kristen Konteks Sekolah: 12 Pesan Untuk Guru Dan Pengelola Pendidikan. Edited by Yosep Kurnia. Pertama. Bandung: Kalam Hidup, 2018.

Sidjabat, Binsen S. “Penguatan Guru PAK Untuk Pendidikan Karakter: Melihat Kontribusi Seri Selamat.†Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 30–48.

Sudana, Pengkuh Ibnu. “Studi Banding.†Binus Univercity Quality Management Center, 2014. https://qmc.binus.ac.id/2014/10/28/pengertian-studi-banding/.

Syabrus, Hardisem. “Kesiapan Dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan Di Kota Pekanbaru.†Pekbis 7, no. 3 (2015): 24–30.

Tfaentem, Adriana, Ana Irhandayaningsih, and Amin Taufiq Kurniawan. “Motivasi Anak-Anak Sekolah Minggu Dalam Memanfaatkan Koleksi Di Perpustakaan GKI Peterongan Semarang.†Jurnal Ilmu Perpustakaan 4, no. 2 (2015): 97–105.

Tyagita, Brigitta Putri Atika, and Ade Iriani. “Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah.†Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 5, no. 2 (2018): 165–76. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176.

Wenas, Maria Lidya, and I Putu Ayub Darmawan. “Signifikansi Pendidikan Anak Dalam Perspektif Alkitab.†Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 2 (2017): 118. https://doi.org/10.46445/ejti.v1i2.69.

Zakiya, and Nurhafizah. “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (2019): 356–65. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196.

Zendrato, Juniriang. “Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas Suatu Studi Kasus Di SMA Dian Harapan Jakarta.†Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6, no. 2 (2016): 58–73. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73.




DOI: https://doi.org/10.37196/kenosis.v1i1.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kenosis Telah Terdaftar Pada Situs:

   Psikostudia : Jurnal Psikologi Indexing by :



This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © Kenosis: Jurnal Kajian Teologi 2015-2022. All Rights Reserved.