“KETIKA MEMORI PENDERITAAN DIPERJUMPAKAN†Sebuah Kajian Dialogis Kitab Daniel dan Sejarah Penjajahan Jepang di Indonesia dalam Perspektif Poskolonial

YAN OKHTAVIANUS KALAMPUNG

Abstract


Pengalaman menjadi bangsa jajahan tentu menjadi sebuah luka yang sulit untuk dilupakan oleh yang pernah mengalaminya. Apalagi kalau pengalaman itu diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Tulisan ini kemudian akan mencoba untuk mengungkap sebagian dari itu melalui pendekatan Poskolonial dengan cara menggali pengalaman bangsa Yahudi sebagai bangsa jajahan yang digambarkan dengan “Tanduk Kecil†dalam Daniel 8. Kitab Daniel yang menyimpan pengalaman Daniel sebagai jajahan bangsa Babel tapi juga sebenarnya ditujukan untuk pembaca Yahudi yang sementara dalam penjajahan itu kemudian didialogkan dengan pengalaman bangsa Indonesia yang pernah menjadi bangsa jajahan Jepang. Dialog kedua konteks ini akan memperlihatkan bahwa memori penjajahan bisa diartikan sebagai memori penderitaan.


Keywords


Perjanjian Lama, Kitab Daniel, Poskolonial, Antiochus IV Epiphanes, Kolonialisme Jepang, Yahudi, Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Bhabha, Homi K., The Location of Culture. London: Routledge, 1994.

Chow, Rey. Between Colonizers. in R. S. Sugirtharajah. Asian Biblical Hermeneutics and Postcolonialism. New York: Orbis Books, 1998.

Collins, John J., Daniel: A Commentary on the Book of Daniel. Minneapolis: Fortress Press, 1993.

Gandhi, Leela. Teori Poskolonial: Upaya Meruntuhkan Hegemoni Barat. Yogyakarta: Kalam, 2014.

Gultom, Odniel H., MENGHADAPI TANTANGAN MONSTER KHAOS: Memahami Apokalitisipsisme Teks Daniel Pasal 7:12 Menggunakan Teori Poskolonial Homi Bhabha dan Relevansinya Dalam Konteks Indonesia. Yogyakarta: Tesis Universitas Kristen Duta Wacana, 2016.

Imran, Amrin dkk., Indonesia dalam Arus Sejarah: Perang dan Revolusi. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2012.

Porteous, Norman W., Daniel: A Commentary. Philadelphia: Westminster Press, 1965.

Seow, C. L., Daniel: Westminster Bible Company. Louisville: Westminster John Knox Press, 2003.

Sibley, Towner W., Daniel: Interpretation. Georgia: John Knox Press, 1984.

Singgih, E. G., “Dari “Godzilla†ke “Bandotâ€: Fungsi Penglihatan mengenai Binatang-binatan di Daniel 7-8 dalam Bagian kedua Kitab Daniel.†In Apokaliptik: Kumpulan Karangan Simposium Ikatan Sarjana Biblika Indonesia 2006, edited by Y. M. Seto Marsunu,. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2007.

Sugirtharajah, R. S., Exploring Postcolonial Criticism: History, Method, Practice. West Sussex: Blackwell Publishing, Ltd., 2012.

Website Content

Blog Definisi Kata .“arti kata Dai Nipponâ€. accessed Desember 19, 2014. http://defenisikata.blogspot.com/2014/05/defenisi-dan-pengertian-dai-nippon.html.




DOI: https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kenosis Telah Terdaftar Pada Situs:

   Psikostudia : Jurnal Psikologi Indexing by :



This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © Kenosis: Jurnal Kajian Teologi 2015-2022. All Rights Reserved.