PERSPEKTIF FILSAFAT PROGRESIVISME TERKAIT SISWA SLOW LEARNER DALAM PEMBELAJARAN

Masniari Gea, Maharani Simanjuntak, Adrianus Lende, Herlin Rostati Batee

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk mengeksplorasi dampak positif dari pendekatan filsafat progresif terhadap hasil belajar dan perkembangan siswa slowlearner. Dalam konteks siswa slowlearner dengan IQ antara 70-90, lingkungan belajar tradisional seringkali menantang. Dengan mengadopsi prinsip-prinsip progresivisme John Dewey, penelitian ini bertujuan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa slowlearner melalui pengalaman langsung, partisipasi aktif, dan pemecahan masalah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan progresivisme memberikan pendekatan pembelajaran efektif bagi siswa slowlearner. Prinsip-prinsip seperti pengalaman langsung, partisipasi aktif, dan pemecahan masalah membantu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian menyoroti bahwa penerapan strategi pembelajaran sesuai dengan prinsip-prosinsip progresivisme dapat membantu siswa slowlearner mengatasi hambatan pembelajaran dan mencapai perkembangan positif dalam konteks pendidikan inklusif. Rekomendasi dari penelitian ini menekankan perlunya pengembangan kurikulum inklusif untuk materi pembelajaran siswa slowlearner dengan pendekatan progresivisme. Kerjasama antara guru dan pengembang kurikulum dianggap krusial untuk menciptakan materi pembelajaran yang dapat diakses oleh semua siswa, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus. Penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan lebih lanjut dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa slowlearner dalam sistem pendidikan inklusif.



Keywords


filsafat progresivisme, slow learner, strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amdany, Pratia, Sularmi Sularmi, and Muhammad Ismail Sriyanto. “LEARNING MOTIVATION OF SLOW LEARNER IN ELEMENTARY SCHOOL.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 1, no. 1 (September 19, 2018). https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23506.

Apriliyani, Eka Tria, Rofian Rofian, and Anggun Dwi Setya Putri. “ANALISIS PEMBELAJARAN SISWA LAMBAN BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI BARUSARI 01 SEMARANG.” Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) 1, no. 1 (October 24, 2019). https://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/347.

Dewi, Putu Sri Darma, Putu Rahayu Pujianti, and Mutiara Magta. “Penerapan Pendidikan Inklusif Pada Pembelajaran Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan 8, no. 2 (July 3, 2020): 87–97. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.441.

Fauziya, Septi Nur, and Tian Abdul Aziz. “Kaitan Pandangan Aliran Filsafat Progresivisme Terhadap Siswa Slow Learners Dalam Proses Pembelajaran.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 2, no. 1 (March 30, 2022): 70–79. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.128.

Hidayati, Beti Malia Rahma, Ardina Sasmita, and Windy Chintya Dewi. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Slow Learner.” IDEA: Jurnal Psikologi 7, no. 1 (April 30, 2023): 23–33. https://doi.org/10.32492/idea.v7i1.7102.

“IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF SEBAGAI PERUBAHAN PARADIGMA PENDIDIKAN DI INDONESIA | Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya,” February 26, 2021. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/1790.

Labuem, Susana. “THE THINKING PROCESS OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS (SLOW LEARNER) IN INCLUSION CLASSES IN SOLVING MATHEMATICAL PROBLEM.” Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK) 2, no. 2 (2019): 43–50. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss2pp43-50.

Long, Maria Lodika, and Omiano Sabu. “ANALISIS PEMIKIRAN JOHN DEWY TENTANG REFORMASI PENDIDIKAN.” Journal Development and Research in Education 2, no. 1 (March 2, 2022): 10–17.

Mahanum, Mahanum. “Tinjauan Kepustakaan.” ALACRITY : Journal of Education, July 9, 2021, 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20.

M.Pd.I, Dr Sadam Fajar Shodiq. PENGEMBANGAN KURIKULUM: Membangun Kurikulum yang Efektif dan Relevan. Azyan Mitra Media, 2023.

Novarita, Novarita, Rosmilani Rosmilani, Agnes Agnes, Irmania Jome’, and Eta’ Tikadang. “ANALISIS PELAKSANAAN TEORI PROGRESIVISME JOHN DEWEY DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN 1, no. 6 (August 31, 2023): 529–40.

Ramya, Razanah, Nur Jamaludin, and Rashidi Othman. Prosiding EHMAP-11, 2023.

Safitri, Oriza Sarah, and Hella Jusra. “Analisis Kesulitan Belajar Dan Self Confidence Anak Berkebutuhan Khusus Slow Learner Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 6, no. 2 (July 31, 2021): 68–80. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i2.16444.

Tonggembio, Christono Ade Andreas, Ampinia Rahap Wanyi Rohy, Indraldo Undras, Mario Alberto Manodohon, and Nelson Hasibuan. “Filsafat Pemikiran Progresif John Dewey Vs Sentralitas Alkitab Menjadi Fokus Pengenalan Akan Filsafat Pendidikan Agama Kristen.” MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja 6, no. 2 (November 6, 2023): 123–38. https://doi.org/10.62240/msj.v6i2.63.

Utami, Nurhidayah Eko Budi. “Layanan Guru Kelas Bagi Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi (SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta).” Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10, no. 2 (2018): 271–90. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.164.

Waki, Ahmad. “PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GUNUNG PUTRI KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA-BARAT.” Jurnal Basicedu 1, no. 1 (April 28, 2017): 79–83. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.158.

Yudianto, Yudianto, and Endang Fauziati. “Pembentukan Karakter Siswa Dalam Pendidikan Karakter Ditinjau Dari Aliran Progresivisme.” Jurnal Sosial Teknologi 1, no. 8 (August 15, 2021): 840–47. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.170.




DOI: https://doi.org/10.37196/kenosis.v9i1.854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kenosis Telah Terdaftar Pada Situs:

   Psikostudia : Jurnal Psikologi Indexing by :



This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © Kenosis: Jurnal Kajian Teologi 2015-2022. All Rights Reserved.