Cara Pandang Guru Kristen terhadap Otoritas dalam Kerangka Kisah Agung

Dinda Mawar Sandi, Cathryne Berliana Nainggolan

Abstract


The teacher is an influential person in the classroom. The magnitude of this influence is because the teacher has the authority to be responsible in the classroom. However, not all teachers can exercise their authority in the classroom properly. Teachers treat students too hard or too softly in class so that it takes the teacher's role to be able to carry out their duties with the right authority. Teachers will be able to exercise authority properly if they have the right perspective on authority. The purpose of this paper is to explain the importance of a Christian teacher's perspective in exercising authority in the classroom towards students. The research method used is literature review, using books and journals related to the topic. The teacher's authority is the authority given by God the highest authority. The Great Story is a Biblical framework of creation, fall, redemption, and exaltation. Since the beginning of creation, God has given authority to Adam & Eve to rule and maintain the earth. This proves that the teacher's authority is a gift from God that must be worked out. The result of writing this paper is that the Christian perspective on authority is the basis for teachers to exercise their authority. This perspective helps Christian teachers understand the source and purpose of the authority given, which is for the glory of God so that the teacher can exercise his authority properly.

Abstrak

Guru merupakan pribadi yang berpengaruh di dalam kelas. Besarnya pengaruh tersebut dikarenakan guru memiliki otoritas untuk bertanggung jawab di dalam kelas. Namun demikian, tidak semua guru dapat menjalankan otoritasnya di dalam kelas dengan baik. Guru memperlakukan siswa terlalu keras atau terlalu lembut di kelas sehingga dibutuhkan peran guru untuk dapat menjalankan tugasnya dengan otoritas yang benar. Guru akan dapat menjalankan otoritas dengan benar jika memiliki dasar cara pandang yang benar pula mengenai otoritas. Tujuan dari makalah ini untuk menjelaskan pentingnya cara pandang guru Kristen dalam menjalankan otoritas di kelas terhadap siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka, dengan menggunakan buku dan jurnal yang terkait dengan topik. Otoritas guru merupakan otoritas yang diberikan oleh Tuhan sang pemegang otoritas tertinggi. Kisah Agung adalah kerangka pikir Alkitab yang terdiri dari penciptaan, kejatuhan, penebusan, dan pemuliaan. Sejak awal penciptaan, Tuhan sudah memberikan otoritas kepada Adam dan Hawa untuk menguasai dan memelihara bumi. Hal tersebut membuktikan bahwa otoritas yang dimiliki guru adalah pemberian Tuhan yang harus dikerjakan. Hasil dari penulisan makalah ini adalah cara pandang Kristen terhadap otoritas adalah dasar guru menjalankan otoritasnya. Cara pandang tersebut membantu guru Kristen memahami sumber dan tujuan otoritas yang diberikan yaitu untuk kemuliaan Allah sehingga guru dapat mempraktikkan otoritasnya dengan benar.


Full Text:

PDF

References


Bavinck, Herman. Reformed Dogmatics. Grand Rapids: Baker Academic, 2011.

Berkhof, Louis. Teologi Sistematika (Vol. 3). Surabaya: Momentum, 2005.

———. Teologi Sistematika (Vol. 4). Surabaya: Momentum, 2006.

Berkhof, Louis, and Cornelius Van Til. Dasar Pendidikan Kristen: Ceramah-Ceramah Kepada Guru-Guru Kristen. 1st ed. Surabaya, Indonesia, 2004.

Calvin, Yohanes. Institutio: Pengajaran Agama Kristen. Jakarta: Gunung Mulia, 2015.

Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.†Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020).

Estep, James R., Michael J Anthony, and Gregg R. Allison. A Theology for Christian Education. Nashville: B & H Publishing Group, 2008.

Hindarto, S. Yugo. “KPAI Kecam Aksi Guru Aniaya Murid Di Pangkal Pinang.†CNN Indonesia, 2017.

Hoekema, A. A. Diselamatkan Oleh Anugerah. Surabaya: Momentum, 2008.

———. Manusia: Ciptaan Menurut Gambar Allah. Surabaya: Momentum, 2008.

Juriaman, J. J., and Dylmoon Hidayat. “Kepemimpinan Yang Menebus Di Sekolah Lentera Harapan Curug.†A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT 13, no. 2 (2017): 123–32.

Knight, George R. Filsafat & Pendidikan. Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press, 2009.

Kristiyanto, A. E. Mengapa Bumi Menyembah Hyang Ilahi. Yogyakarta: Kanisius, 2008.

Layantara, Jessica Novia. “Kemestian Dosa Dalam Inkarnasi Kristus.†Jurnal Amanat Agung 14, no. 1 (2018).

Lo, J. W. Seri Pemuridan Intensional: Panggilan Dan Harga Pemuridan. Tangerang: Universitas Pelita Harapan Press, 2018.

Meade, S. Membentuk Hati, Mendidik Akal Budi: Renungan Keluarga Berdasarkan Katekismus Singkat Westminster. Surabaya: Momentum, 2011.

Moeis, Isnarmi, Al Rafni, and Junaidi Indrawadi. “Otoritas Guru Dalam Konteks Pendidikan Kritis Di SMA Negeri Kota Padang.†Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 16, no. 4 (2010): 391. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i4.470.

Montoro, V. “Professional Development for Christian Teachers: A Mixed Methods Study.†The Journal of Applied Christian Leadership 7, no. 1 (2013): 54–67.

Palmer, E. H. Lima Pokok Calvinisme. Surabaya: Momentum, 2005.

Panembahan, H. G. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI, 2012.

Pazmino, R. W. Fondasi Pendidikan Kristen: Sebuah Pengantar Dalam Perspektif Injili. Bandung: BPK Gunung Mulia, 2012.

Prijanto, J. H. “Panggilan Guru Kristen Sebagai Wujud Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Penanaman Nilai Alkitabiah Dalam Era Digital.†A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT 13, no. 2 (2017): 99–107.

Rudiyanto. Pandangan Hidup: Dalam Komunitas Murid Yesus. Semarang: Pustaka Muria, 2009.

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana, 2016.

Song, C. S. Yesus Dan Pemerintahan Allah. Jakarta: Gunung Mulia, 2010.

Stearns, R. Belum Selesai: Mengisi Lubang Di Dalam Injil Kita & Memenuhi Panggilan Kita Di Dunia. Surabaya: Literatur Perkantas Jawa Timur, 2014.

Suardi, M., T. Ariprabowo, and Syofrianisda. Dasar-Dasar Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu, 2017.

Tarigan, Musa S. “Implikasi Penebusan Kristus Dalam Pendidikan Kristen.†Polyglot: Jurnal Ilmiah 15, no. 2 (2019): 203–22. https://doi.org/dx.doi.org/10.19166/pji.v15i2.1409.

Toha, Mohamad. “POWER, INFLUENCE, DAN AUTHORITY (Kasus Pada Kehidupan Politik Era Soekarno, Soeharto, Dan Habibie).†Jurnal Adzikra 3, no. 1 (2012): 99–111.

Tong, Stephen. Arsitek Jiwa II. Surabaya: Momentum, 2006.

Wasukundi, F. A. “Pedagogy of Jesus for Modern World Christian Teachers.†AFER 54, no. 3–4 (2012): 262–84.

Wenno, Vincent Kalvin. “‘INISIATIF UNTUK MENGASIHI’ Membaca Etika Paulus Dalam Roma 12: 9-21 Serta Implikasinya Bagi Pembangunan Perdamaian.†KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi 3, no. 2 (2017): 114–28.

Whitworth, David Martin. Missio Dei and The Means of Grace: Theology of Participation. Eugene: Pickwick Publication, 2019.

Williamson, G. I. Katekismus Singkat Westminster, Vol. 2. Surabaya: Momentum, 2006.

———. Pengakuan Iman Westminster: Untuk Kelas Penelaahan. Surabaya: Momentum, 2017.

Williamson, G.I. Katekismus Singkat Westminster, Vol. I. Momentum, 2006.

Wolters, A. M. Pemulihan Ciptaan. Surabaya: Momentum, 2010.

Yasmin, Faizatul Lutfia, Anang Santoso, and Sugeng Utaya. “Hubungan Disiplin Dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa.†Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1, no. 4 (2016): 692–97.

Yeats, J. M., and J. Blase. Mari Berpikir Tentang Pandangan Dunia: Bagaimana Orang-Orang Memandang Tuhan ? Yogyakarta: Yayasan Gloria, 2011.




DOI: https://doi.org/10.37196/kenosis.v6i2.95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kenosis Telah Terdaftar Pada Situs:

   Psikostudia : Jurnal Psikologi Indexing by :



This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © Kenosis: Jurnal Kajian Teologi 2015-2022. All Rights Reserved.