PENGELOLAAN MUSEUM SIWALIMA SEBAGAI WISATA EDUKASI DI KOTA AMBON

Geovani Futwembun, Belly I. Kristyowidi, Victor D. Tutupary

Abstract


Penelitian yang berjudul Pengelolaan Museum Siwalima sebagai wisata edukasi di Kota Ambon ini dilakukan karena Museum Siwalima merupakan salah satu daya tarik wisata sejarah dan budaya sekaligus sarana wisata edukasi di Kota Ambon. Namun dalam perkembangannya, bahwa kunjunganwisatawan di Museum Siwalima masih sangat rendah dibandingkan dengan kunjungan di lokasi wisata yang lain di Kota Ambon. Untuk itulah diperlukan upaya dari pengelola untuk mengembangkan strategi Museum Siwalima agar dapat bekerja lebih optimal. Berdasarkan hal tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan rumusan masalah; (1).Bagaimana Strategi Museum Siwalima sebagai objek wisata edukasi di kota Ambon. (2). Bagaimana upaya pengelolaan Museum Siwalima sebagai wisata edukasi di kota Ambon.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara yang dilakukan terhadap informan dalam hal ini adalah pengelola Museum Siwalima serta Pengunjung Museum Siwalima. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data yakni data wawancara dan observasi di lokasi penelitian, kemudian mereduksi data, mendeskripsikan data dan yang terakhir memberikan kesimpulan. Dalam penelitian ini membahas mengenai bentuk pengelolaan yang terdapat di Museum Siwalima serta kendala yang dihadapi dan strategi yang tepat untuk optimalisasi Museum Siwalima kedepannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem operasional dari pengelolaan Museum Siwalima dikelola oleh badan pengelola Museum yang bertanggung jawab langsung kepada  pemerintah provinsi. Serta Museum Siwalima membutuhkan strategi yang tepat untuk pengembangan Museum Siwalima kedepannya seperti Strategi pengembangan produk wisata, strategi peningkatan keamanan, memperkuat potensi yang menjadi ciri khas Museum Siwalima serta strategi pengembangan sarana dan prasarana

 

Kata Kunci : Museum Siwalima,Strategi pengelolaan, upayapengelolaan, wisata edukasi

 


Full Text:

PDF

References


A S Hornby. (2006). Manajemen pemasaran. 896.

Denty, & Aline. (2020). PEMANFAATAN MUSEUM SEBAGAI OBJEK WISATA EDUKASI.

Merry violyta fransisca Pesulima. (2022). Manajemen Seni Pertunjukan ( literasi nusantara Abadi (ed.); 1st ed.).

Rodger, & Sifa. (2011). Pengembangan Taman Nasional Sebagai Daya Tarik Wisata Pendidikan (Studi Kasus: Taman Nasional Gunung Leuser Di Desa Bukit Lawang Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat Provinsi Sumatra Utara.

Rukmana, I. (2015). STRATEGI PENGELOLAAN MUSEUM BENTENG VREDEBURG SEBAGAI DAYA TARIK WISATA WARISAN BUDAYA DI YOGYAKARTA. Tesis.

Sharma. (2015). Wisata Edukasi. 1, 2.

Studi, P., & Tatakelola, M. (2016). Strategi pengelolaan museum dirgantara mandala sebagai destinasi wisata pendidikan di yogyakarta.

Taylor. (1982). Filsafat Ilmu Penelitian




DOI: https://doi.org/10.37196/nojisok.v4i2.809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Noumena terlah terdaftar pada situs:

 

    

This work is licensed under a