EFEKTIFITAS PENERAPAN POLA ASUH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM MASA PANDEMIC COVID-19 DI JEMAAT SILA-LEINITU

Agnes Mahakena

Abstract


Pola asuh memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Karenanya melibatkan diri secara positif sebagai pengasuh dalam kehidupan pendidikan anak dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung dan merangsang motivasi belajar anak. tentu Kombinasi berbagai strategi pola asuh yang baik bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan akademis dan motivasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifkah pola asuh dalam meningkatkan motivasi belajar anak di masa pandemic covid-19 di Jemaat Sila-Leinitu. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik analisis data yang gunakan adalah skala pengukuran pola asuh dan motivasi belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner kepada 30 anak dengan kriteria usia 6-12 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh demokrasi mempunyai hubungan yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Nilai signifikansi pola asuh demokrasi adalah 0.198 > 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear secara signifikan antara variable pola asuh demokratis dengan variable motivasi belajar anak.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, H. A. (2005). Psikologi Perkembangan.Jakarta: Rineke Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Edisi revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Atkinson, R.L. (1999). Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar. (2014). Metode Penelitian (Edisi ke 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baumrind, D. 1991.Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. The Journal of Child Development

Buri, J. R. (1991). Parental authority questionnaire. Journal of Personality Assessment, 57(1),

Burns, R. B. (1993). Konsep Diri, Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku. Jakarta, Penerbit Arcan.

Buss, A. H., & Perry, M. (1992). The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology. 3,.

C. Drew Edwards, Ph.D, Ketika anak sulit diatur, Bandung, Mizan Media Utama (MMU), 2006

Caroline Hodges Persell.1979,Educations and Inequality, The Roots and Results of Strattification inAmerica’s Schools, United States of America: The Free Press

Cindy Marisa, dkk. 2018.Hubungan Pola Asuh Orang dengan Motivasi Belajar Remaja.Jurnal Konseling dan Bimbingan Volume 6 No. 1

Citobroto, R.I.S (1980). Cara Mendidik Anak Dalam Keluarga Masa kini. Jakarta : Braratara. Karya Aksara

Diane E. Papalia, dkk, Human Development, Jakarta, Salemba Humanika, 2009

Deddy Mulyana.2004. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet ke-4

Gerungan, Psikologi Sosial, Bandung, PT Refika Aditama, 2009

Gunarsa, S.D.1993. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : PT.BPK Gunung Mulia

Gunarsa, Singgih D, dan Gunarsa, Yulia Singgih D.2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia

Gunarsa, Singgih D, dan Gunarsa, Yulia Singgih D. (2011). Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta : PT.BPK Gunung Mulia

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak. Jilid II. terj. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga. 1989.

Hurlock,B. Elizabeth. 2000 Perkembangan Anak/Child Development. Jakarta: Erlangga.

Irma Rostiana dkk. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Anakuntuk Bersekolah di Kelurahan Suka Galih Kecamatan Suka Jadi kota Bandung. Jurnal Sosietas, Vol. 5, No 2

Jacob D. Engel.2009.Buku Ajar Seminar Dasar (Salatiga: Fakultas Teologi UKSW

John W. Santrock, Perkembangan Anak, Jakarta, Erlangga, , 2007

Kartono, K. (1990). Psikologi Umum. Bandung: Mondar Maju

Maimunah Hasan.2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Diva Press, Jogjakarta

Moh. Shochib, Pola Asuh Orang Tua Untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta, PT RINEKA CIPTA, 1998

Muallifah, Psycho Islamic Smart Parenting, DIVA Press (Anggota IKAPI), 2009

Stefani M. (2018).Hubungan Antara Pandangan Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru, Pola Asuh Otoritatif Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015

Pintrich, P. R., Schunk, D. Meece, J. (1992). Students Motivational Beliefs and Their Cognitive Engagement in Clasroom Tasks, Student Perception in The Classroom:Causes and Consequences. Hillsdale, N. J. Erlbaum

. (2002). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Upper Saddle River, N.J: Pearson/Merrill Prentice Hall.

Pohan, I. (1986). Masalah anak dan anak bermasalah. Jakarta: Intermedia

Rifa Hidayah, Psikologi Pengasuhan Anak, UIN Malang Press (Anggota IKAPI), 2009

Theo Riyanto. 2002. Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development : perkembangan masa Hidup. Penerjemahan : juda Damanik. Edisi 5. Jakarta : Erlangga

_________ (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga

Sardiman. 2001.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Pers

Sofyan S. Willis, Remaja dan Masalahnya: Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja Seperti Narkoba, Free Sex, dan Pemecahannya, Bandung, ALFABET, 2005

Stephen F. Duncan.2009. Love learning (cara penuh cinta dalam mendampingi tumbuh kembang anak). Image Press, Jogjakarta

Syamsu, Y. L. N. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya

Thoha, C.1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, B, Hamzah.2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Y. Singgih D. Gunarsa dan Gunarsa, Singgih D . (2007) Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia, 2007




DOI: https://doi.org/10.37196/nojisok.v4i2.916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Noumena terlah terdaftar pada situs:

 

    

This work is licensed under a