Kepribadian yang Tangguh dalam menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 (Suatu Kajian Teologis terhadap 2 Timotius 2:1-13)

Lendris Lekatompessy

Abstract


ABSTRACT

The study, entitled Tough Personality in Facing Challenges in the Industrial Revolution Era 4.0 contains theological studies of changes and challenges that occurred in the industrial revolution 4.0. The method used in this research is qualitative using a literature study approach. The results achieved in this study are that the industrial revolution 4.0 has disrupted various dynamics of community life in various fields of public life, not only in the technological field, but also in other fields such as in theology. To overcome this era, it is necessary to have a strong personality (hardiness) as a basis for reference in dealing with it. In addition, how to overcome this era in relation to the analysis conducted by researchers in 2 Timothy 2: 1-13, reveals that in the face of challenges and changes that occur in the industrial revolution 4.0 we must be as personal as a good soldier, who struggles with full commitment to Christ Jesus who has it; like a sportsman who competes according to the rules to get the crown, and also like a farmer who works hard and enjoys the results.

Keywords : hardiness, industrial revolution 4.0, Timothy

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul Kepribadian yang Tangguh dalam menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 berisi tentang kajian Teologi terhadap perubahan dan tantangan-tantangan yang terjadi dalam revolusi industri 4.0. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah bahwa revolusi industri 4.0 telah mendisrupsi berbagai dinamika kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat, tidak hanya dalam bidang teknologi saja, namun juga dalam bidang yang lain seperti dalam bidang Teologi. Untuk mengatasi era tersebut maka diperlukan kepribadian yang tangguh (hardiness) sebagai dasar acuan dalam menghadapinya. Selain itu, cara mengatasi era ini dalam kaitannya dengan analisa yang dilakukan peneliti dalam 2 Timotius 2:1-13, mengungkapkan bahwa dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang terjadi dalam revolusi industri 4.0 kita harus menjadi pribadi sama seperti seorang prajurit yang baik, yang berjuang dengan komitmen penuh kepada Yesus Kristus yang memilikinya; seperti seorang olahragawan yang bertanding sesuai aturan untuk memperoleh mahkota; dan juga seperti seorang petani yang bekerja keras dan menikmati hasilnya.

Kata Kunci : pribadi tangguh, revolusi industri 4.0, Timotius


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alwisol. (2004) Psikologi Kepribadian, Penerbit UM Press, Malang.

Alkitab Rainbow. Surat Paulus yang kedua kepada Timotius.

Disampaikan oleh Prof. Siti Irene Astuti Dwiningrum pada Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan, Agama dan Budaya di Era Milenial, 17-18 Oktober 2019, Depan Auditorium IAKN Ambon.

E. Koeswara. (1991) Teori-Teori Kepribadian, Penerbit PT Eresco, Bandung.

H. Ahmad Fauzi. (1999) Psikologi Umum, Penerbit Pustaka Setia, Bandung.

Kartini Kartono. (1990) Pengantar Metodologi Riset Sosial, Penerbit Mandar Maju, Bandung.

Keseluruhan Teks Yunani dalam karya ilmiah ini didasarkan pada terjemahan yang diambil dari LXX-Septuaginta Rahfs. CD.ROM. Bible Works. 6.0, 2003 Sedangkan Teks Indonesia berdasarkan Terjemahan Baru LAI.

Kreitner, R. & Kinicki, A. (2005). Perilaku Organisasi. Buku 2. Edisi 5. Alih Bahasa: Erly Suandy, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Marlen T. Alakaman. (2015) Buku Ajar Pengantar dan Pembimbing Perjanjian Baru.

Mayasari Ros. (2014) Mengembangkan Pribadi yang Tangguh melalui Pengembangan Keterampilan Resilience, Jurnal Dakwah, Vol. XV, No. 2.

Marxen Willi. (2009) Pengantar Perjanjian Baru. Penerbit BPK-GM, Jakarta.

M.E. Duyverman. (2008) Pembimbing ke dalam PB. Penerbit BPK-GM, Jakarta.

Merrill c.Tenney (2001) Survei Perjanjian Baru, Penerbit Gandum Mas, Malang.

Milles dan Huberman. (1992) Analisis Data Kualitatif, Penerbit Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Saryono dan Mekar Dwi Anggraeni. (2010) Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan, Penerbit Nuha Medika, Yogjakarta.

Slamet Rosyadi. (2018) Revolusi Industri 4.0 : Peluang dan Tantangan Bagi Alumni Universitas Terbuka, Jurnal Universitas Jenderal Soedirman.

Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Hasil Wawancara bersama Ibu. Sipora B. Warella pada tanggal 18 Oktober 2019 Pukul 12.15 Wit

http://repository.uin-suska.ac.id/6198/3/BAB%20II.pdf

https://www.pelajaran.co.id/2019/31/pengertian-revolusi-industri-4-0-prinsip-dan-tantangan-revolusi-industri-4-0.html

https://www.scribd.com/document/258035184/MAKALAH-KEPRIBADIAN

https://kbbi.web.id/derita




DOI: https://doi.org/10.37196/nojisok.v1i1.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Noumena terlah terdaftar pada situs:

 

    

This work is licensed under a